Jumat, 29 Maret 2024

Service Excellence: ATB Sukses Lakukan Transformasi Digital

Berita Terkait

ATB SCADA 4.0 Integrated Operation System merupakan sistem kekinian pertama untuk manajemen pengelolaan air terintegrasi di Indonesia.

PT Adhya Tirta Batam (ATB) berkomitmen menjalankan kegiatan bisnisnya secara profesional dan berorientasi pada pengembangan penerapan teknologi terkini serta pelayanan prima kepada pelanggan.

Sebagai satu-satunya perusahaan pemegang konsesi untuk mengelola air bersih di Pulau Batam, ATB menjamin konsistensi mutu kualitas produk jasa dan layanannya. Menjalankan bisnis di bidang utilitas, inovasi layanan berbasis teknologi juga menjadi perhatian utama ATB dalam memberikan service excellence kepada pelanggan.

Sejak tahun 2011, ATB menerapkan sebuah konsep Smart Water Company dengan memaksimalkan pelayanan melalui penerapan inovasi teknologi yang dikenal dengan ATB Smart Water Management System yang terus mengalami transformasi dan sumber daya manusia yang kompeten.

Mulai dari penerapan teknologi GIS (Geographic Information System), MMR (Mobile Meter Reading), LMS (Leakage Monitoring System), PMS (Pressure Management System), Mobile Apps, AMR (Automatic Meter Reading), AIRS (ATB Integrated System) hingga teknologi ATB SCADA (Supervisory Control and Data Acquisition) 4.0 Integrated System yang membuat konsep Smart Water Company ini semakin melekat dengan ATB.

ATB SCADA 4.0 terintegrasi tidak hanya di unit produksi tetapi juga ke semua unit sistem yang ada di ATB, termasuk sistem pelayanan pelanggan. Hal inilah yang menjadikan inovasi teknologi ATB unggul dari segala aspek dibandingkan perusahaan air lainnya.

SCADA merupakan terobosan luar biasa dalam membantu sistem pelayanan pelanggan yang prima. Setiap proses yang berkaitan dengan pengelolaan air hingga service petugas di lapangan dapat dimonitor secara real-time sehingga kualitas produk dan jasa yang diberikan ATB terjaga sesuai dengan standarisasi yang telah ditetapkan. Sebuah kebanggaan karena sistem ini dibangun dan dikembangkan oleh sumber daya internal ATB dan saat ini sedang dalam proses hak paten.

Kesuksesan ATB melakukan transformasi digital terlihat dari cakupan layanan informasi, pengaduan, sistem produksi, hingga distribusi yang terintegrasi dalam Enterprise ATB Integrated System (EAIS) yang terus mengalami pengembangan seiring dengan kemajuan teknologi.

Peningkatan kualitas SDM juga tidak luput dari perhatian ATB dalam memberikan layanan terbaiknya untuk masyarakat Batam. Menciptakan budaya kerja penuh integritas dan profesional, ATB menempatkan karyawan yang kompeten dibidangnya untuk menjalankan roda pelayanan pelanggan sehingga mampu mengimbangi perkembangan inovasi teknologi yang dijalankan perusahaan.

Bagi perusahaan yang memiliki tagline ATB Tak Terganti! ini, kepuasan pelanggan adalah hal mutlak yang harus menjadi prioritas. ATB tidak hanya sekedar mendistribusikan air untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat namun turut serta meningkatkan kualitas hidup dan sanitasi layak bagi Kota Batam. Paradigma ini ditanamkan ke seluruh karyawan ATB dalam menjalankan aktivitas pelayanan pelanggan. (Corporate Secretary ATB).

Update