Kamis, 25 April 2024

Penerbangan Batam ke Beijing Tunggu Izin

Berita Terkait

batampos.co.id – Hingga kini, penerbangan dari Batam ke Beijing masih menunggu izin terkait jenis pesawat yang diterbangkan. Direktur Badan Usaha Bandar Udara Hang Nadim, Suwarso menuturkan apabila izin diberikan. Penerbangan ini bisa dapat dilaksanakan.

Terkait slot time yang diberikan untuk penerbangan ini, Suwarso mengaku sudah mengeluarkan jadwalnya.

“Karena ini penerbangan dari Jakarta-Batam-Beijing. Jadi slot time yang kami berikan itu pukul 22.00,” katanya.

Apa penyebab tidak jadinya penerbangan reguler ke Beijing ini? Suwarso mengatakan Maskapai Garuda yang akan menjalani rute tersebut, berencana menggunakan pesawat jenis Boeing 737. Namun, dalam perjalanannya, ada perubahan dilakukan Garuda.

“Saat ini menggunakan pesawat jenis Boieng 737,” ungkap Suwarso.

Karena perubahan pesawat inilah, makanya izin penerbangan dari Batam ke Beijing ditunda. Sampai kapannya, Suwarso mengaku masih belum mengetahuinya. “Mudah-mudahan awal bulan depan, sudah ada perubahan,” tuturnya.

foto: batampos.co.id / dalil harahap

Suwarso mengatakan izin penerbangan menggunakan pesawat Airbus A320, akan habis 5 September depan. Ia menyebutkan akan menunggu pihak Garuda, akan merubah jenis pesawat atau mempertahankan yang lama.

“Kalau masih tetap yang lama. Maka penerbangannya itu langsung dari Jakarta ke Beijing. Bila berubah, maka bisa jadi Jakarta-Batam-Beijing terlaksana. Kami menunggu saja,” tuturnya.

Namun, Suwarso mengaku besar harapannya penerbangan ini dapat terwujud. Karena penerbangan langsung ini dapat meningkatkan pariwisata Batam.

“Pariwisata naik, dapat menggerak sektor ekonomi lainnya,” pungkasnya. (ska)

Update