Jumat, 19 April 2024

DPRD Sebut Pembangunan Tidak Terencana dengan Baik

Berita Terkait

batampos.co.id – Pelebaran jalan yang dilakukan pemerintah Kota Batam mendapat apresiasi dari berbagai pihak. Tetapi banyak juga mengatakan pembangunan jalan dan infrastruktur tersebut tidak terencana dengan baik.

“Kalau saya ditanya, perencanaan kurang bagus. Misalnya untuk pembangunan jalan tersebut sangat banyak halte yang harus dibongkar. Padahal usia halte tersebut masih sangat baru. Paling dua tahun itu,” kata anggota DPRD tiga periode Udin P Sihaloho.

Ia mengatakan, harusnya dalam pembangunan halte beberapa tahun lalu sudah diketahui titik atau lokasi pembangunannya. Ketika pengembangan dan perluasan jalan tidak terdampak.

“Pelebaran infrastuktur jalan ini sudah direncanakan jauh-jauh hari. Kita mendukung pembangunan jalan ini. Mendukung jalan bagus di Batam tetapi harusnya direncanakan matang dan bagus sehingga menunjang pembangunan lainnya,” tambahnya.

Sementara itu, seorang pedagang yang biasa berjualan di simpang Kabil mengaku halte yang ada di depan Kepri Mall itu sudah dibongkar beberapa hari lalu. Ini karena perluasan jalan tersebut berdampak kepada keberadaan halte.

“Kalau pelebaran itu memang harus dibongkar itu halte. Yang di simpang kara juga sudah dibongkar,” tambahnya.

Proyek pelebaran jalan di kawasan Seipanas, tepatnya di Jalan Laksamana Bintan.  Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Kata Udin untuk membangun satu halte nilainya bisa mencapai Rp 70 juta. Artinya dengan banyak pembongkaran itu maka sudah dipastikan banyak anggaran yang terbuang sia-sia.

“Kalau ada pembangunan seperti ini kedepannya harus direncanakan matang. Harus melibatkan beberapa pemangku kepentingan,”katanya.

Sebelumnya, Werton Panggabean juga mengaku mendukung pelebaran jalan yang dilakukan pemerintah Kota Batam. Sangat membantu mengurangi kemacetan dan mempercepat lalu lintas barang dan orang.

“Tetapi harapan kita, semua harus terencana dengan baik. Kalau saya pribadi mengatakan, bahwa kita semua sudah merasakan manfaat dari perbaikan jalan tersebut. Tetapi memang harus ada yang dikorbankan, dan ini yang harus diminimalisir,” katanya. (gas)

Update