Jumat, 29 Maret 2024

Dua Menu Khas Peranakan Melaka

Berita Terkait

KOTA Melaka di Malaysia terkenal dengan aneka menu peranakan yang lezat. Dua di antara menu yang tenar yang bisa dinikmati para pengunjung di sana adalah udang lemak nanas di Kochi Kitchen dan juga es cendol di restoran Nancy’s Kitchen.

Dua koki yang mengelola restoran yang berkembang di pusat kota Melaka mengungkapkan bagaimana mereka memodernisasi resep Peranakan untuk melayani wisatawan sambil mempertahankan cita rasa otentik.

Nancy’s Kitchen memiliki menu cendol, menu yang paling disukai wisatawan kala berkunjung ke sana. Betapa tidak, beras ketan hijau, kacang merah, ditambah es serut disiram santan, lalu di atasnya dikasih topping gula Melaka.

Hidangan ini kerap menjadi makanan penutup di restoran paling populer di Melaka.
Pendiri restoran, Nancy Mok, mengungkapkan, sejak restorannya tersebut dibuka 20 tahun lalu, sudah tak terhitung berapa mangkuk cendol yang dia jual.

Seorang pengunjung dari Singapura, seperti dilansir dari Channel News Asia mengungkapkan, cendol dari Nancy’s Kitchen ini memiliki rasa yang khas, wangi dan segar. ”Kami mendidihkan agar-agar nasi ketan agar hangat, lalu menggunakan gula Melaka asli dan santan kental. Pe-ngunjung sangat menyukai teksturnya,” ujar Mok.

Outlet ini terletak di ruko dua lantai yang hanya lima menit berkendara dari pusat wisata A Famosa.

Selain es cendol, restoran ini juga menyajikan hidangan utama seperti ikan garam asem dan pong teh, daging babi yang direbus dengan kacang keluak.

Menurut Ms Mok, restoran ini melayani 300 hingga 500 orang setiap hari, di antaranya sekitar 60 persen adalah wisatawan dari negara tetangga Singapura.

Sementara itu, restoran peranakan lainnya yang tak kalah populer adalah Kochi Kitchen. Restoran ini bisa ditempuh dengan jalan kaki dari kawasan Jonker street yang tersohor. Restoran ini berdiri di tengah bangunan berusia 200 tahun di kawasan Jonker. Makin indah dan klasik karena pajangan-pajangan barang antik dan foto keluarga pertama masih terpajang di sana.

Di sini, tersedia banyak pilihan hidangan yang menarik. Mulai dari menu vegetarian hingga makanan halal. Di antaranya terung tempra, udang nanas masak lemak, dan juga ikan asam pedas yang menggugah selera.

Restoran ini selalu ramai setiap saat. ”Menu yang paling banyak dipesan, udang nenas lemak inilah,” ujar pemilik Kochi’s Kitchen, Suzy Goh. Nah, bagi warga Batam yang berkunjung ke Melaka, tak ada salahnya mampir dan menikmati aneka menu di dua restoran ini. (cha)

Update