Jumat, 29 Maret 2024

Lucu Kali, Pencuri Ini Justru Datangi dan Perkenalkan Diri Kepada Polisi

Berita Terkait

batampos.co.id – Ada-ada saja tingkah pelaku pencurian ini. Pria yang diketahui bernama Purwanto Sudarmono alias Bonar, 33, itu bukannya lari saat bertemu polisi yang akan menangkapnya.

Warga Kampung Kebonan RT 05 RW 06, Kelurahan Gandekan, Kecamatan Jebres,  justru memperkenalkan dirinya.

Bonar berurusan dengan pihak berwajib setelah melakukan aksi pencurian di rumah warga di RT 02 RW 06, Kelurahan Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon awal Agustus lalu.

Diakui Bonar, sebenanya dia tak berniat mencuri. Awalnya, Bonar dan temannya Untoro alias Kentang, 31, berboncengan menuju rumah pacar Kentang di Kauman.

Pelaku pencurian burung dan laptop digelandang polisi di Mapolsek Pasar Kliwon. Foto: Radar Solo/JPG

”Waktu mau ke rumah teman pacar saya ini, kami mendengar ada suara burung. Kemudian, muncul niat untuk mencuri,” kata Bonar saat rilis kasus di Mapolsek Pasar Kliwon, Rabu (4/9/2019).

Setelah melihat kondisi di sekitar aman, keduanya langsung turun dan mencuri burung murai yang digantung di ruang tamu. Apalagi, rumah yang jadi sasaran Bonar itu dalam keadaan kosong.

”Saat itu, di meja tamu juga ada laptop. Sekalian saya ambil juga,” tutur Bonar.

Hasil curian itu langsung dijual kepada kenalannya. Kapolsek Pasar Kliwon, AKP Ariakta Gagah Nugraha, menuturkan, jajaran unit reskrim langsung melakukan penyelidikan setelah mendapat laporan. Kebetulan, di sekitar lokasi pencurian ada kamera CCTV.

“Awalnya petugas berhasil meringkus pelaku Kentang di rumahnya,” ujarnya.

“Namun, ketika kita mendatangi rumah Bonar, pelaku tidak berada di rumah,” paparnya.

Dua hari berselang, polisi mendatangi rumah Bonar untuk melakukan penggeledahan.

Saat itu, ternyata Bonar pulang. Dia langsung mendatangi anggota dan menanyakan keperluan apa mendatangi rumahnya.

”Saat kita ungkapkan mencari Bonar, malah dia memperkenalkan diri. Tanpa banyak bicara pelaku langsung kita tangkap,” urai Ariakta.

Dari catatan kepolisian, Bonar merupakan residivis. Sudah empat kali Bonar keluar masuk penjara karena melakukan aksi pencurian.(atn/ria/jpg)

Update