Dilansir dari Pink Villa, Kamis (5/9), ada beberapa gaya penataan rambut yang bisa membuat rambut mudah rusak.

Berikut adalah beberapa contohnya:

1. Ekor Kuda
Terlalu sering diikat ekor kuda ternyata bisa merusak rambut. Ekor kuda membuat seseorang lebih mudah dan praktis dalam menata rambut, tetapi juga membuat kerusakan rambut lebih mudah. Ikat rambut yang digunakan akam terikat erat pada rambut yang menyebabkan rambut rusak pada batangnya dan patah saat membuka rambut. Ikatan rambut juga memaksa rambut menekuk dengan cara tertentu dalam bentuk yang tetap.

2. Kepang
Kepang juga bisa merusak rambut, baik itu kepang dua atau kepang lurus tunggal. Mengepang dilakukan dengan menarik rambut dan mengencangkannya. Saat ditarik, akar rambut akan semakin lemah dan menyebabkan kerusakan pada folikel. Kepang yang ketat juga bisa melemahkan rambut di akar dan meningkatkan kerusakan secara drastis.

3. Rambut Basah
Rambut basah biasanya lebih lemah dan rentan. Maka, jangan mengikat rambut saat basah. Mengikat rambut atau menyisirnya atau bahkan menggunakan ikat rambut dapat merusak rambut saat basah akan menyebabkannya rusak dan patah.

4. Sanggul
Mengikat rambut menjadi sanggul membutuhkan banyak jepitan. Semua jepit rambut menarik beberapa helai rambut. Kondisi itu menyebabkan banyak kerusakan dan membuat rambut cepat rontok atau patah. (*)