Jumat, 29 Maret 2024

Kolonel TNI Dr Pustaka Bangun Teliti Aspek Kecerdasan Emosi Presiden Jokowi, Hasilnya Sangat Memuaskan

Berita Terkait

Pemkab Karimun Adakan Wirid Bulanan

Diskon Dicabut, Tiket Dumai Line Tak Ada Kenaikan

batampos.co.id – Kolonel Arm Pustaka Bangun berhasil mempertahankan disertasinya yang berjudul “Analisis Kepemimpinan Ditinjau dari Aspek Kecerdasan Emosi dan Kepemimpinan Transformasional (Study Kasus Kepemimpinan Joko Widodo)”, di depan guru besar Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN),

Kamis (5/9/2019), ketika menjawab beberapa pertanyaan dari guru besar, Kolonel Bangun menyatakan antara lain, dimensi yang paling utama dari kecerdasan emosi yang terdapat dalam kepemimpinan Joko Widodo (Jokowi) adalah dimensi empati dan dimensi keterampilan sosial.

“Sedangkan dalam kepemimpinan transformasional adalah dimensi individualized influence dan dimensi intellectual stimulation,” kata Kolonel Bangun.

Sebagai promovendus, lebih jauh dia menyatakan, kepemimpinan Jokowi sangat relevan dengan situasi Indonesia.

Kolonel TNI Dr Pustaka Bangun (tiga dari kanan) mendapatkan nilai sangat memuaskan setelah meneliti aspek kecerdasan emosi Presiden Joko Widodo. Foto: Istimewa untuk batampos.co.id

Menurutnya, Jokowi selalu “mewongke” orang lain, menggunakan “guyon parikeno”. Sehingga banyak orang yang merasa dekat dengan beliau.

“Selain itu, Jokowi dalam memutuskan sesuatu dengan mempertimbangkan kepentingan masyarakat dan hati nurani,” jelasnya.

Guru besar IPDN yang hadir antara lain, Prof Dr Murtir Jeddawi yang juga Rektor IPDN, Prof Dr Ermaya mantan Rektor IPDN dan mantan Gubernur Lemhanas.

Sedangkan dari jajaran Kementerian Pertahanan (Kemenhan) dan TNI yang hadir antara lain Letjen Trilegiono Suko (Rektor Unhan), Mayjen A Hafilfuddin (Dosen Unhan), Mayjen TNI Irwansyah, Brigjen TNI Zulfardi Junin.

Dari kepolisian hadir Brigjen Pol Tabana Bangun, Direktur Pasca Sarjana PTIK. Dalam sidang terbuka tersebut, Kolonel Arm Pustaka Bangun lulus dengan mendapat predikat cumlaude.(gun)

Update