batampos.co.id – Para pelaku usaha yang ingin mendapatkan pinjaman dana bergulir dari Pemko Batam harus memenuhi beberapa persyaratan.

Kepala BLUD Dana Bergulir Kota Batam, Zul Ichsan, mengatakan, dana bergulir akan diberikan kepada calon nasabah atau warga yang memiliki usaha dan diperkirakan bisa membayar angsuran.

Ini syarat untuk mendapatkan dana bergulir:

  1. Surat keterangan memiliki usaha dari kelurahan.
  2. Surat pembukuan penerimaan dan pengeluaran usaha selama tiga bulan terakhir.
  3. Laporan keuangan neraca laba/rugi.
  4. Foto usaha.
  5. Dokumen pribadi seperti KTP, foto dan sebagainya.

Kata dia, sejak Januari 2019, BLUD Dana Bergulir Kota Batam baru menyalurkan Rp 2,26 miliar untuk 32 pelaku usaha mikro.

ilustrasi

Padahal target penyaluran tahun ini adalah Rp 10,5 miliar. Warga yang berhak mendapatkan pinjaman ini harus mengagunkan sertifikat berharga terutama tanah dan bangunan.

”Yang meminjam sudah ada 32 usaha mikro. Mudah-mudahan pengembaliannya tidak bermasalah karena memang harus pakai agunan,” kata Kepala BLUD Dana Bergulir Kota Batam Zul Ichsan, Kamis (5/9/2019).

Zul mengatakan, besaran pinjaman dari setiap pelaku usaha mikro tersebut bervariasi. Tergantung bentuk dan besar usaha yang sedang dijalankan.

”Jadi, tidak rata semua. Tetapi rata-rata di angka Rp 50 juta, Rp 75 juta, dan ada juga yang Rp 100 juta,” tambahnya.

Sebelum disetujui, tim dari BLUD terlebih dulu melakukan verifikasi. Mulai dari pendataan ke tempat atau alamat masing-masing calon nasabah.(ian)