batampos.co.id – Batam Jazz and Fashion 2019 (Bajafash 2019) yang akan berlangsung pada 13-15 September 2019 di Hotel Radisson Batam dipastikan meriah.

Setidaknya ada 19 penyanyi jazz dan 15 fashion designer dari tiga negara (Indonesia, Singapura, dan Malaysia) menyemarakkan ajang musik dan fesyen tahunan itu.

Ketua panitia sekaligus pengagas Bajafash 2019, Indina Putri Fadjar, membenarkan untuk memeriahkan event yang memasuki tahun ke-5 ini sudah ada 19 penyanyi jazz yang sudah mengonfirmasi untuk tampil.

Antara lain Marion Jola (Indonesia), Lightcraft, Idang Rasjidi, The Steve McQueen (Singapura), Yuka Kharisma (Malaysia), Road Roots, Tanjak Improvtu, dan Juliard Quintet.

Lalu ada penyanyi Nikki Fauzan, Major Sanggar Music, Joesef Electric Trio, Ester Nicola, Soul & Soulehah, Muffin Band, Grandiose, dan Tika and the Husband.

“Tahun ini Bajafash 2019 akan mengangkat tema tentang seberapa parahkah sampah di Batam serta kampanye penerapan untuk zero waste, mengingat 2025 Indonesia ditargetkan bebas sampah,” kata Dina kepada wartawan di Hotel Radisson Batam, Jumat (6/9/2019).

Artis Malaysia Sheila Majid tampil memukau saat tampil menghibur penonton pada acara Batam Jazz Fashion (Bajafash) di Hotel Radison Batam pada 2017 lalu. F Cecep Mulyana/Batam Pos

Untuk agenda fashion show, Dina menambahkan, fashion designer nasional seperti Chossy Latu, Itang Yunasz, Dana Duriyatna, Awang Kagunan, Didit Jarit, Wieke Dwiharti, dan fashion designer lokal Batam juga sudah memastikan akan ikut meramaikan acara tersebut.

Dina menambahkan, Bajafash tahun ini memberikan promo spesial untuk para pelajar yaitu diskon hingga 20 persen untuk tiket masuk ke ajang bergengsi ini.

Untuk mendapatkan potongan harga spesial tersebut, pelajar cukup menunjukkan kartu pelajar mereka saat akan membeli tiket Bajafash 2019.

“Karena 80 persen bintang tamunya adalah kaum milenial, maka dari itu kita juga memberikan penawaran menarik untuk pelajar yang ingin ikut meramaikan acara ini,” ujarnya.

Ia mengatakan, acara ini juga akan memberikan banyak kejutan istimewa kepada para pecinta musik di Indonesia khususnya Kota Batam maupun dari mancanegara.

Salah satunya adalah dengan adanya Panggung Millenial yang secara khusus akan menampilkan musisi-musisi milenial terkini.

Dina memaparkan, event tersebut juga bertujuan memberikan sesuatu yang spesial kepada generasi milenial.

Para generasi muda ini diharapkan bisa mendapatkan kesan berbeda kala menikmati alunan musik yang dimainkan oleh para musisi yang mewakili generasinya.

“Ini adalah momen yang sangat istimewa bagi para generasi milenial, mereka bisa hang out di area festival sambil menikmati musik dari para musisi yang mewakili generasinya,” katanya.

Kepala Dinas Pariwisata Kepri, Boeralimar, menungkapkan, musik jazz selalu memiliki tempat sendiri di hati pencinta musik jazz dari dalam dan luar negeri.

Sehingga dipastikan Bajafash 2019 akan meriah. Apalagi ditambah penampilan karya-karya perancang busana nasional yang sudah merambah dunia internasional.

Dengan melibatkan tiga negara yaitu Indonesia, Malaysia, dan Singapura, Batam Jazz and Fashion 2019 diharapkan mampu menyerap kunjungan 500 wisatawan mancanegara.

“Batam Jazz and Fashion 2019 juga diharapkan mengangkat produk-produk lokal seperti tanjak maupun batik khas Kepri untuk diperkenalkan pada wisatawan yang hadir me-nyaksikan,” imbuhnya.(iza)