batampos.co.id – Meskipun kabut asap kibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Sumatera beberapa hari terakhir sempat meluas, namun tidak mempengaruhi arus keberangkatan dari Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) ke beberapa daerah tujuan.

Kepala Syahbandar PDS, Parsaoran Samosir, mengatakan, seluruh kapal berlayar sesuai dengan jadwal.

“Sejauh ini tidak ada kendala kapal tujuan antar pulau masih berlayar seusai dengan jadwal dan jarak pandang masih normal,” kata Senin (9/8/2019).

Ia menambahkan belum ada laporan terkini perihal kabut asap yang terjadi di daerah Riau. Akan tetapi harus tetap menjaga koordinasi dengan operator kapal.

“Mudah-mudahan cuaca baik kedepan. Jadi kalau kapal sudah penuh dan penumpang sudah masuk ke kapal semua, kapal langsung jalan,” ujarnya.

Aktivitas di Pelabuhan Domestik Sekupang (PDS) masih normal meski kabut asap dari Sumatera akibat kebakaran hutan dan lahan sempat meluas ke wilayah Kota Batam. Foto; Dalil Harahap/batampos.co.id

Guna antisipasi cuaca yang kurang baik, pihaknya sudah menyiapkan alat keselamatan untuk penumpang serta berrkoordinasi dengan nakhoda kapal.

“Semuanya sudah siap, kami berharap tidak ada kendala yang menyebabkan kapal tertunda keberangkatannya. Mudah-mudahan aman dan lancar,” Imbuhnya.

Hal senada juga disampaikan, Ketua Bidang Penumpang, DPC INSA Batam, Asmadi. Ia mengatakan berdasarkan laporan dari BMKG cuaca di PDS masih bagus untuk pelayaran.

“Arus pelayaran berjalan lancar, pagi cuaca cukup bagus,” ujarnya.

“Jadi kapal bisa diberangkatkan, mungkin di daerah Selat panjang sedikit terganggu, terutama tujuan pelayaran jauh seperti Dumai, Buton dan Bengkalis,” Paparnya

Ia menambahkan di wilayah perairan Batam dan Tanjung Balai jarak pandang masih normal yakni 200 meter dan tergolong masih aman untuk berlayar.(cr1)