batampos.co.id – PT. Adhya Tirta Batam (ATB) kembali menyediakan beasiswa untuk siswa SMA/SMK dan mahasiswa berprestasi. Proses pendaftaran beasiswa telah dibuka sejak 2 September 2019 silam, hingga 25 September 2019 mendatang.

“Kami mengundang siswa dan mahasiswa berprestasi untuk turut mengambil kesempatan ini,” ujar Head of Corporate Secretary ATB, Maria Jacobus.

Beasiswa ATB Peduli Pendidikan untuk semester genap tahun ini, akan diberikan kepada 24 siswa SMA/SMK  dan 10 mahasiswa berprestasi.

Masing-masing siswa akan mendapatkan beasiswa sebesar Rp 2,5 juta/semester, sementara mahasiswa akan diberikan beasiswa sebesar Rp 4 juta/semester.

Ada sejumlah tahapan seleksi yang harus dilalui oleh siswa dan mahasiswa untuk mendapatkan beasiswa tersebut.

Proses seleksi yang ketat dilakukan untuk memastikan bahwa penerima beasiswa sudah memenuhi kriteria yang disyaratkan oleh ATB.

Dari sisi prestasi akademis, siswa dan mahasiswa harus membuktikan dengan melampirkan fotokopi rapor atau Kartu Hasil Studi (KHS) Tahun Ajaran 2018/2019 Semester Genap yang dilegalisir dengan stempel basah.

Presiden Direktur ATB Benny Andrianto menyerahkan beasiswa kepada mahasiswa berprestasi. ATB rutin menyalurkan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa berprestasi melalui Program CSR ATB bertajuk ATB Peduli Pendidikan. Foto: Humas ATB untuk batampos.co.id

Pengaju beasiswa juga harus berasal dari sekolah atau Perguruan Tinggi dengan akreditasi minimal B.

Siswa yang dapat mengajukan beasiswa adalah yang telah berprestasi sebagai juara umum di kelas X atau XI. Sementara bagi mahasiswa adalah yang memiliki IP minimal 3,75 pada semester 2, 4, 6.

Selain berprestasi, calon penerima beasiswa juga harus menunjukan kreatifitasnya melalui video pendek berdurasi 1 menit.

Dalam video tersebut, pengaju beasiswa harus memperkenalkan diri dan menyampaikan alasannya mengajukan beasiswa ATB. Mereka juga harus menyampaikan komentarnya tentang Beasiswa ATB.

“Kreatifitas mereka mengelola konten berdurasi 1 menit ini akan sangat menentukan. Jadi, silahkan buat video sekreatif mungkin. Jangan lupa, di akhir video harus ditutup dengan kalimat: ATB Tak Terganti,” jelas Maria.

Video tersebut disampaikan kepada ATB dalam sebuah Compact Disc (CD) bersamaan dengan syarat administratif lainnya.

Selain itu, Video juga harus diunggah di media sosial Facebook atau Instagram. Jangan lupa Tag dan Mention Fanpage ATB: ATB Batam atau Instagram ATB: @atb.batam.

Setelah melewati proses seleksi administratif, pendaftar yang lolos akan diinfokan untuk jadwal wawancara dengan manajemen ATB.

Proses wawancara ini bertujuan untuk melihat kemampuan, keterampilan dan sikap calon penerima beasiswa sehingga beasiswa yang diberikan tepat sasaran.

Formulir pendaftaran dapat diunduh dengan mengklik slide foto pengumuman beasiswa ATB di website ATB: www.atbbatam.com.

Untuk informasi lebih lanjut, dapat menghubungi 0811 7783 573 (Imelda) dan 0811 6910 081 (Rony). 

Sejumlah siswa mengikuti proses wawancara, sebagai salah satu bagian dari proses seleksi untuk mendapatkan beasiswa dari ATB. ATB rutin menyalurkan beasiswa bagi siswa dan mahasiswa berprestasi melalui Program CSR ATB bertajuk ATB Peduli Pendidikan. Foto: Humas ATB untuk batampos.co.id

Berikut mekanisme pengajuan beasiswa ATB:

  1. Surat keterangan siswa (SMA/ SMK), mahasiswa (perguruan tinggi) mengisi                formulir yang dapat diunduh di www.atbbatam.com.
  2. Melampirkan fotocopyi akreditasi sekolah atau perguruan tinggi (minimal akreditasi      B).
  3. Melampirkan pas foto berwarna ukuran 3×4 (1 lembar).
  4. Melampirkan fotocopi kartu pelajar/kartu mahasiswa aktif.
  5. Melampirkan fotocopi rapor (SMA/ SMK) atau Kartu Hasil Studi (perguruan tinggi)        Tahun Ajaran 2018/2019 semester genap yang dilegalisir (Stempel Basah).
  6. Melampirkan surat rekomendasi dari kepala sekolah/perguruan tinggi bahwa                pemohon beasiswa sebagai siswa berprestasi dan tercantum nilai rata-rata                  Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 (SMA/SMK) atau mahasiswa berprestasi      dan tercantum IP Semester Genap Tahun Ajaran 2018/2019 (perguruan tinggi).
  7. Melampirkan surat keterangan dari sekolah/perguruan tinggi yang bersangkutan          bahwa pemohon beasiswa tidak dalam keadaan menerima beasiswa dari sumber          lain.
  8. Menyertakan video kreatif dalam bentuk Compact Disc (CD) berdurasi maksimal 1        menit dengan materi, perkenalan diri, alasan mengapa mengajukan beasiswa ATB,      komentar tentang beasiswa ATB, diakhir video wajib mengatakan: “ATB Tak                  Terganti”.

        Pemohon wajib menyukai fanpage Facebook ATB Batam dan mengikuti akun                    Instagram @atb.batam. Pemohon wajib mengunggah video tersebut ke Facebook              atau Instagram. Sertakan hashtag #beasiswaatb #atbtakterganti. Pemohon wajib            mention dan tag ke akun Instagram @atb.batam serta Facebook ATB Batam.

       Pemohon wajib mengunduh video yang dapat dilihat publik di Facebook (dengan               settingan publik pada postingan video tersebut). Pemohon wajib untuk tidak mem-           private atau mengunci akun Instagram. Pemohon wajin mention dan tag ke minimal         5 orang teman.

   9. Proses pendaftaran mulai dari 2 September hingga 25 September 2019

   10. Formulir: http://www.atbbatam.com/assets/images/pdf/Form_ATB_     Beasiswa_Eksternal_Genap_2019.pdf