batampos.co.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) mengeluarkan batas usia khusus profesi untuk penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yaitu berusia maksimal 40 tahun.

”Memang ada aturan baru untuk jabatan tertentu. Salah satunya dokter gigi yang kami usulkan dibuka tahun ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Batam Didi Kusmarjadi, Selasa (10/9/2019).

Menurutnya, usia 40 tahun masih produktif untuk melaksanakan profesinya sebagai dokter gigi. Sehingga peningkatan batas usia ini cukup baik bagi mereka yang akan ikut CPNS tahun ini. ”Tak ada masalah. Justru adanya aturan baru ini persaingan akan semakin ketat. Mereka harus bersaing bersama pendaftar yang lebih muda,” ujar Didi.

Peserta tes CPNS saat akan mengikuti ujian di kantor UPT BKN Kepri di kantor Bersama Pemko Batam, beberapa waktu lalu. Tahun ini, Pemko Batam berpeluang membuka pendaftaran CPNS bagi profesi tertentu dengan batasan usia maksimal 40 tahun.
Foto: batampos.co.id / Cecep Mulyana

Adanya aturan baru ini merupakan kesempatan bagi mere-ka yang berusia di atas 35 tahun. Setelah tahun lalu tidak bisa ikut, sekarang mereka diberikan kesempatan.

”Jadi, tergantung pendaftarnya lagi, mau atau tidak mengambil peluang ini,” ucapnya.

Didi mengaku belum mengecek berapa kebutuhan dokter gigi yang diajukan tahun ini. Menurutnya, secara keseluruhan ada ratusan formasi yang diusulkan.

”Berapa jumlah pastinya saya lupa, tapi untuk dokter gigi ini ada kalau tak salah,” imbuhnya.

Didi mengungkapkan, kebutuhan tenaga medis di Batam semakin bertambah. Hal ini tidak lepas dari semakin bertambahnya fasilitas kese-hatan yang dibangun.

”Selain itu ada juga rencana peningkatan puskesmas jadi rumah sakit dan itu pasti membutuhkan tenaga medis juga,” jelasnya. (yui)