Takkan Terlupakan

Atas nama pemerintah dan seluruh masyarakat Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan belasungkawa mendalam atas meninggalnya Bapak BJ Habibie.

Doa kami semoga Beliau husnul khatimah serta keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan ketabahan.

Beliau Bapak Bangsa, Bapak Demokrasi, dan Bapak Industri. Jasa Beliau sangat besar bagi bangsa dan negara ini.

Khususnya bagi Provinsi Kepri, khususnya Kota Batam. Selamat Jalan Bapak Bangsa, Jasamu Takkan Terlupakan.

Isdianto, Plt Gubernur Kepri

Gentleman, Tak Tergantikan

Saya mengenal dekat Bapak BJ Habibie tahun 1996 waktu masih sebagai menteri dan Ketua Otorita Batam (kini BP Batam).

Saat itu, saya terus membangun usaha. Dia tokoh nasional dan bapak teknologi. Orang Indonesia pertama yang bisa membuat pesawat dan disegani dunia.

Dia sosok gentleman yang susah dicari penggantinya. Kita benar-benar kehilangan tokoh nasional yang sangat kita hormati.

Abidin, Presdir PT Sat Nusapersada Tbk
(Mantan Ketua Apindo Kepri)

Beliau Mentor Saya

Saya sangat sedih dan shock mendengar kepergian beliau begitu dapat kabar sore tadi. BeĀ­liau saudara sekaligus mentor saya.

Saya kenal beliau sejak awal beliau membangun Batam di akhir 1970-an, ketika beliau menyampaikan visi pembangunan Batam dan memberikan inspirasi saya berusaha di Batam.

Ada begitu banyak kenangan dengan almarhum. Ketika Batam menghadapi krisis ekonomi beberapa tahun lalu, pesannya kepada saya: “Kris, jangan patah semangat. Batam harus tetap maju, karena pulau ini memiliki potensi yang sangat luar biasa. Tetaplah membangun ekonomi Batam dan meneruskan investasi.”

Satu motivasi dari beliau yang saya tak bisa lupakan yang menjadi inspirasi saya mengembangkan Infinite Studio dan Nongsa Digital Park adalah arahan beliau: “Tak ada negara yang maju tanpa SDM yang unggul dan berkualitas. Indonesia harus mampu memenuhi SDM unggul jika ingin maju.”

Pada 30 April lalu, menjadi pertemuan terakhir saya kala beliau mengunjungi Batam. Waktu itu, Pak Habibie mengunjungi NDP dan berpesan: “Anak-anak bangsa yang ada di sini harus mampu dan siap menghadapi tantangan era digital.”

Selamat jalan mentor, Bapak Bacharuddin Jusuf Habibie. Terima kasih atas jasa-jasamu untuk Batam dan Indonesia.

Kris Taenar Wiluan,
Presiden Komisaris Citramas Group