batamposco.o.id – Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) dan Indonesian National Shipowners Association (INSA) Batam, serta Syahbandar Sekupang bersama asosisasi yang bergabung di Pelabuhan Domestik Sekupang, membersihkan sampah plastik di laut di perairan Sekupang.

Ketua INSA Batam, Osman Hasyim, mengatakan, laut merupakan potensi utama Kota Batam yang berharga.

“(Laut) Harus kita jaga. Kegiatan ini adalah bentuk menyadarkan ke masyarakat untuk menjaga laut kita,” Katanya, Kamis (12/9/2019).

INSA kata Osman, sangat mendukung kegiatan tersebut. Menurutnya, kampanye bersih laut dan pantai adalah bentuk mobilitas yang menarik guna menumbuhkan kesadaran masyarakat menjaga kebersihan laut.

KPLP dan INSA Kota Batam membersihkan sampah plastik di laut sekitar kawasan Sekupang. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

“Kita siap dan mendukung baik dari segi perlengkapan. Dimana dalam partisipasi kami Insa guna melestarikan ekosistem laut,” tuturnya.

Kepala kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan khusus Batam, Capt Barlet menuturkan, aksi itu merupakan wujud program untuk menjaga biota laut.

“Aksi bersih-bersih sampah di laut ini merupakan upaya menyelamatkan ekosistem laut termasuk biota di dalamnya, karena selama ini sampah plastik mendominasi pencemaran laut,” katanya.

Aksi bersih-bersih itu dilakukan dengan delapan unit kapal milik KPLP, KSOP dan kapal lainnya.

Pihaknya berharap, penjagaan ekosistem laut bukan hanya tugas institusi terkait saja, tapi juga tugas bersama.

Masyarakat kata dia, harus ikut andil sama-sama menjaga eksositim laut, seperti tidak membuang sampah di laut.

“Diimbau kepada para nahkoda dan operator kapal agar menyampaikan kepada para penumpangnya untuk membuang sampahnya kelaut saat berada didalam kapal,” jelasnya.(cr1)