Selasa, 23 April 2024

Tahlilan Selama 40 Hari BJ Habibie Terbuka untuk Umum

Berita Terkait

batampos.co.id – Pihak keluarga almarhum BJ Habbie akan mengelar tahlilan selama 40 hari untuk untuk mendoakan Presiden ke-3 RI tersebut. Tahlilan digelar di rumah duka Patra Kuningan Jakarta dan terbuka untuk umum.

“Sifatnya seperti ‘open house’, undangannya umum,” kata putra pertama almarhum BJ Habibie, Ilham Akbar Habibie, Jumat (13/9/2019).

Pihaknya keluarga lanjutnya memohon maaf jika tidak bisa mengakomodir seluruh pelayat.

“Ya mungkin kami tidak bisa mengakomodasi semuanya, ada batasnya,” kata dia sambil melemparkan senyuman.

Suasana makam BJ Habibie di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Jumat (13/9). Foto: Dedi Yondra/JPNN.Com

Menggelar tahlilan selama 40 hari berturut-turut bagi keluarga BJ Habibie sudah merupakan suatu tradisi, dan hal itu dilanjutkan oleh anak-anaknya.

“Kalau biasanya, hari ketiga, ketujuh, dan 40, tapi bapak menggelarnya selama 40 hari, sembilan tahun yang lalu waktu ibu seperti itu,” kata dia.

Oleh karena itu, Ilham bersama saudaranya yang lain juga menggelar hal yang sama ketika sang ayah wafat. “Kami mau membuat acara yang sama untuk bapak, seperti bapak mengadakan sembilan tahun yang lalu ketika ibu wafat,” ujarnya.

Selama dua hari tahlilan, Ilham mengatakan banyak tokoh datang ikut berbelasungkawa. Namun, dirinya tidak bisa menghapal satu per satu tokoh-tokoh tersebut. Pada malam kedua ini, salah satu tokoh yang hadir, yakni Akbar Tanjung. (boyke/ant/jpnn)

Update