batampos.co.id – Akhir-akhir ini kondisi udara Batam mengalami penurunan. Saat ini berdasarkan alat Indeks Standar Pencemar Udara (ISPU) saat ini menunjukkan angka 87 atau sedang.

“Memang ada peningkatan. Beberapa hari lalu masih baik saat ini sudah sedang atau diambang tidak sehat,” kata Kepala Dinas Kesehatan Batam, Didi Kusmarjadi, Jumat (13/9/2019).

Didi menyebutkan, kondisi udara Batam ini selalu diinformasikan oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam melalui website mereka.

Hari ini kondisi udara berada di angka 87. Angka ini lebih baik dari pada kemarin yaitu 91 atau mendekati kategori sedang.

“Mereka (DLH) selalu update. Jadi kalau ada peningkatan nanti ada penangangan yang akan dilakukan bersama seperti pemberian masker kepada masyarakat,” ujarnya.

Ilustrasi

Menurutnya, meskipun diambang batas menuju tidak sehat, kondisi ini masih aman. Namun demikian jika warga merasa sesak atau dalam kondisi tidak nyaman bisa menggunakan masker.

Jika berlanjut silahkan periksakan diri untuk mendapatkan penanganan. Lanjutnya, efek langsung yang ditimbulkan kabut asap berupa iritasi mata, selaput lendiri di hidung, mulut dan tenggorokan.

Selain itu juga dapat menyebabkan gangguan sauran pernapasan (ISPA).

“Banyak dampak yang ditimbulkan kalau sudah tidak sehat. Namun saat ini masih sedang dan aman,” imbuhnya.

Ke depan jika terjadi peningkatan status signifikan, langkah yang bisa dilakukan adalah meliburkan anak-anak sekolah.

Sejauh ini belum ada mengarah kesana. Tentu semua berharap udara Batam kembali ke posisi normal atau baik.

Didi menambahkan beberapa langkah yang bisa dilakukan saat kondisi udara seperti ini yaitu mengurangi kegiatan di luar rumah, menggunakan masker, mengkonsumsi air putih dua liter sehari, sayuran dan memeriksakan diri.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Batam, Herman Rozi, mengatakan, selalu memantau kondisi udara di Batam. Ada dua alat ISPU yang dipasang untuk menampilkan kondisi udara.

“Ada di dekat kantor Satpol PP Batuaji dan dekat Hotel the Hills, Nagoya,” sebutnya.

Ia menyebutkan jika kondisi kabut di Batam mengalami peningkatan atau semakin tebal, ISPU akan masuk kategori sedang atau 51-100.

Saat ini pihaknya masih terus memantau perkembangan kondisi udara. Sebelumnya kondisi masih dalam kategori baik. Lanjutnya alat yang terpasang saat ini akan menampilkan kondisi terkini selama 24 jam.(yui)