Selasa, 19 Maret 2024

Kabut Asap Kian Menebal, Jumlah Wisatawan Berkurang di Marina

Berita Terkait

batampos.co.id – Kawasan wisata terpadu Marina sepi pengunjung sepanjang akhir pekan ini, Minggu (15/9/2019). Situasi yang tak biasa ini diduga karena persoalan kabut asap.

Masyarakat dan wisatawan enggan keluar rumah atau tempat penginapan karena kondisi udara di tempat terbuka tidak cukup bagus.

Kawasan kebun agrowisata Jambu Marina misalkan, hanya dikunjungi delapan orang saja. Ini sangat berbeda dengan akhir pekan-akhir pekan sebelumnya yang bisa mencapai diatas 50-an.

“Biasanya bisa ratusan kalau lagi rama, dari Sabtu (14/9/2019) sampai siang ini tak sampai sepuluh orang yang datang,” kata Beni, penjaga pintu masuk kawasan kebun Jambu Agrowisata Marina.

“Mungkin karena udara yang kurang bagus ini makanya orang malas keluar rumah dengan alasan kesehatan,” ujarnya lagi.

Salah seorang pengunjung objek wisata Marina terlihat mengenakan masker. Tebalnya kabut asap di Kota Batam membuat sejumlah objek wisata di Kota Batam sepi pengunjung. Foto: Eja/batampos.co.id

Situasi yang sama juga terjadi di kawasan wisata Pantai dan Resort Marina. Pengunjung sangat minim.

Beberapa warga yang terlihat di lokasi wisata pantai ini umumnya pemancing. Warga yang wisata bersama keluarga atau karabat sangat sedikit. Jikapun ada hanya pasang muda mudi yang mamaduh kasih.

“Sepi sejak ada kabut asap ini. Situasinya kurang mendukung jadi orang pada takut keluar rumah ataupun penginapan, padahal biasanya ramai jika cuaca bagus,” kata Agus, penjaga pantai Marina.

Pedagang kaki lima yang berjejar di sepanjang jalan Marina City juga menyampaikan hal yang sama.

Situasi jalan Marina City yang biasanya pada dengan pengunjung setiap akhir pekan tak terjadi sepanjang akhir pekan kemarin.

“Tak ada pengunjung mas sejak Sabtu kemarin. Mungkin asap ini kali,” kata Sutikno, pedagang jagung bakar dan kacang rebus di depan lapangan Marina.

Pantauan di lapangan, kabut asap yang diduga asap kiriman kian menembal di seluruh wilayah Marina, Seitemiang, Tanjungriau dan Tanjunguncang.

Kabut asap ini mulai mengganggu jarak pandang pengendara. Aktifitas kendaraan di jalan raya harus ekstra hati-hati sebab bisa saja alami kecelakaan jika kebut-kebutan.(eja)

Update