Selasa, 19 Maret 2024

Usulkan Dam Tembesi Jadi Obvitnas

Berita Terkait

batampos.co.id – Badan Pengusahaan (BP) Batam tengah mengupayakan untuk menjadikan Dam Tembesi sebagai objek vital nasional (Obvitnas). Hal ini dilakukan agar dam yang belum beroperasi tersebut tidak dijamah lagi oleh aktivitas liar seperti tambang pasir ilegal.

“BP sudah minta ke Polri agar Dam Tembesi jadi Obvitnas. Kepala BP sudah turun langsung dan sekarang masih dibahas,” kata Kabid Pengelolaan Air BP Batam, Tutu Witular, Sabtu (14/9).

Dengan menjadi Obvitnas, maka dam tersebut akan dijaga oleh aparat keamanan.

“Sehingga tidak akan dimasuki oleh perambah yang mencoba merusak daerah tangkapan air (water catchment area) dam tersebut,” ungkapnya. Selama ini, daerah tangkapan air Dam Tembesi selalu dirusak oleh kegiatan pertambangan pasir ilegal.

Aktivitas tambang pasir darat memang semakin marak. Jika sebelumnya masih di lokasi perbukitan, maka kini sudah merambat ke dekat jalan raya Trans Barelang. Aktivitasnya dilakukan secara terang-terangan.

Dam tembesi.
foto: batampos.co.id / dalil harahap

Dam Tembesi mampu mengalirkan debit air sebanyak 600 liter per detik dan memiliki kapasitas tampung sebanyak 59 juta meter kubik. Sayangnya lelang pengelolaan dam ini masih tertunda karena menunggu keputusan dari Kementerian Keuangan.

“Nantinya secara geografis dan hidrolis akan menyuplai kebutuhan air bagi warga Tanjunguncang dan Batuaji,” pungkasnya.

Anggota DPRD Batam Jefri Simanjuntak mengatakan, Dam Tembesi selama ini sangat menguntungkan pihak tertentu. Penambangan pasir di sana terus terjadi tanpa ada tindakan tegas dari pihak terkait.

“Saya menduga ada yang membekingi ini. Kenapa bisa terus berlanjut tambang pasir di sana. Sudah puluhan tahun tetapi tak ada satupun pelakunya yang diproses hukum,” katanya.

Hutan dibabat habis di sekitar dam untuk keperluan penambangan pasir ilegal. Bahkan dalam beberapa kali razia yang dilakukan BP Batam tidak pernah membuat jera penambang pasir. (leo)

Update