Kamis, 25 April 2024

Layanan Mesin Self Service di Rutan Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Rumah Tahanan (Rutan) kelas II Batam memiliki sepasang mesin Self Service dari Direktorat Jenderal Pemasyarakatan untuk keterbukaan informasi warga binaan di dalam Rutan.

Mesin-mesin ini akan menyuguhkan informasi masa pidana, hak remisi dan hak pengampunan lainnya, baik kepada warga binaan sendiri ataupun keluarga yang datang membesuk.

Caranya sangat mudah, untuk warga binaan cukup mencolokan jari yang telah direkam sebelumnya ke lokasi mesin. Setelah itu mesin akan menyuguhkan informasi status, informasi pidana ataupun hak remisi dan pengampunan lainnya.

Sementara pembesuk dari lingkup keluarga terdekat akan didata dan rekam sehingga mampu mengakses mesin tersebut dengan cara yang sama.

“Untuk warga binaan semuanya sudah ada data base yang selalu diperbaharui setiap ada perubahan status atau masa pidananya,” ujar Karutan Batam, Robinson Perangin-angin, saat memperkenalkan mesin sel service tersebut kepada warga binaan di Rutan Batam, Senin (16/9/2019).

Warga binaan menggunakan mesin Self Service di Rutan Batam. Mesin tersebut memberikan informasi mengenai masa tahanan dan hak-hak yang dapat diperoleh warga binaan. Foto: Eja/batampos.co.id

“Jadi tinggal finger saja sudah keluar semua datanya,” kata dia lagi.

Sementara untuk pembesuk dari keluarga terdekat warga binaan harus didata terlebih dahulu kemudian disinkronkan dengan database finger dari keluarganya yang berada di dalam Rutan.

“Sehingga saat dia finger maka data warga binaan yang ditujuh akan keluar di layar mesin ini,” ujarnya.

Kata dia, mesin self service ini ada dua unit. Satu untuk pembesuk dan satu untuk warga binaan.

Mesin-mesin ini dihadirkan untuk menunjang kinerja kerja pihak Rutan dalam hal transparansi data warga binaan.

Selama ini warga binaan ataupun pembesuk yang ingin tahu status atau masa pidana warga binaan harus melalui prosedur pengecekan manual.

Namun dengan hadirnya mesin ini, mereka tak perlu repot lagi sebab hanya memasukan jari yang sudah direkam untuk mengetaui semua data warga binaan.

Mesin ini telah siap beroperasi dan warga binaan telah dibekali dengan petunjuk teknis pengoperasian.(eja)

Update