batampos.co.id –  Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batuaji, Batam, mendapat kunjungan dari turis spesial, yakni artis Raffi Ahmad dan Billy Syahputra, Minggu (15/9/2019).

Secara khusus pula, Wali Kota Batam Muhammad Rudi menjadi pemandu wisata dadakan bagi keduanya.

Sembari berkeliling melihat masjid yang merupakan destinasi wisata religi andalan baru Batam ini, dengan fasih Rudi menjelaskan langsung bagian-bagian masjid.

Dari kontruksi secara umum, membran yang serupa dengan yang ada di Masjid Nabawi, mihrab, hingga menara pandang yang diberi nama menara Asmaul Husna setinggi 99 meter serta bagian masjid lainnya.

“Masjid ini kebanggaan Batam. Dengan tujuan selain untuk ibadah juga, menjadi destinasi wisata religi,” ucap Rudi sembari berkeliling bersama rombongan Raffi dan Billy.

Ia mengatakan, Pemko Batam konsen mengembangkan potensi baru di Batam yakni sektor pariwisata.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi (tengah) foto bersama dengan artis Billy Syahputra dan Raffi Ahmad saat berkunjung ke Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batuaji, Batam, Minggu (15/9/2019). Foto: humas Pemko Batam untuk Batam Pos

Ke depan, pihaknya berkeinginan setiap kecamatan di Batam memiliki satu destinasi wisata andalan.

“Ide awal masjid ini dibangun untuk menampung pekerja sekitar daerah ini. Tentu akan jadi destinasi wisata religi juga,” imbuhnya.

Raffi mengaku kagum dengan masjid tersebut. Diapun mengapresiasi Rudi dan Pemko Batam.

“Ini saya sama pak wali kota Batam nih, masjidnya luar biasa, gede banget,” kata Raffi saat melakukan vlog dengan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi.

Ia juga berharap pembangunan masjid ini dapat cepat rampung. Selain untuk tempat ibadah, juga menjadi destinasi wisata religi andalan.

“Hampir lima hektare ya, Pak. Mudah-mudahan cepat selesai sebagai tempat ibadah dan jadi tempat wisata juga, kayak di Dubai dan Turki,” ucap Raffi.

“Masjid ini luar biasa. Sukses buat pak wali kota. Mantap betul,” tambahnya.

Walau belum diresmikan, destinasi baru yang diyakini dapat mendongkrak ekonomi Batam ini mulai dilirik wisatawan baik mancanegara maupun wisatawan dalam negeri.

Masyarakat memenuhi bagian depan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Salah satu wisman pertama yang mengunjunginya yakni Yang Dipertuan Dewan Undangan Negeri Pahang Malaysia, YB Dato Sri Haji Ishak bin Haji Muhammad beserta rombongan, Rabu (11/9/2019) lalu.

Untuk diketahui, masjid ini hadir dengan berbagai keunggulan. Selain menara utama setinggi 99 meter dan untuk mencapai puncaknya menggunakan lift, juga ada lima menara pendukung dengan ketinggian 77 meter.

Masjid ini diperkirakan mampu menampung 25 ribu jemaah dan berdiri di atas lahan sekitar lima hektare.

Jika sudah rampung, masjid ini diklaim sebagai masjid terbesar se-Sumatera. Nuansa Melayu juga tak dilupakan dari masjid ini akan dilengkapi dengan ornamen Lebah Bergayuh itu.

Selain itu, air mancur dan lampu hias turut menambah kemegahan masjid ini. Sementara itu, tablig akbar Kemilau Muharram yang akan digelar Pemko Batam tahun ini tak kalah spesial.

Karena akan menjadi kegiatan keagamaan pertama yang digelar di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

Agenda peringatan Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah ini akan dilaksanakan pada Jumat (20/9/2019) mendatang.

Kegiatan tersebut rencananya dimulai sejak pagi hari, sekitar pukul 08.00 WIB. Dua ustaz kondang dari dalam dan luar negeri akan mengisi kegiatan ini.

Yakni Ustaz Abdul Somad (UAS) serta ustaz ternama dari negeri jiran Malaysia, Datok Mohammad Kazim Elias.(iza)