batampos.co.id – Mantan kepala BP Batam, Lukita Dinarsyah Tuwo datang ke Kantor DPC PDIP Kota Batam untuk mengambil formulir pendaftaran bakal calon Wali Kota Batam, Minggu (15/9) dan resmi mendaftarkan diri pada Senin (16/9) kemarin.

Saat mendaftar ia disambut ketua tim penjaringan DPC PDIP, Zulhan, Sekretaris DPC PDIP, Ernawati, Bendahara DPC PDIP, Putra Yustisi Respati, ketua Bappilu DPC PDIP Nasir Pelawi, dan petinggi PDIP lainnya.

Kepada Batam Pos, Lukita menegaskan keseriusan dirinya yang ingin total maju sebagai calon Wali Kota Batam melalui kendaraan politik PDIP.

Saat silaturahmi sekaligus mendeklarasikan dirinya maju Pilwako Batam di Hotel PIH, Batamcentre, Senin (16/9/2019), Lukita kembali menegaskan keseriusannya itu.

“Saya ingin Batam itu bisa berkembang maju karena potensinya luar biasa,” ujarnya.

“Batam harus bisa dikelola dengan baik, saya cinta kota ini dan yakin bahwa masih akan terus memberikan sumbangsih kontribusi kepada Batam,” kata dia lagi.

Dalam proses menuju deklarasi, ia banyak mendengar masukan dari masyarakat. Baginya, selama memimpin BP Batam, banyak pengalaman yang telah diperolehnya dan hal tersebut menjadi pertimbangan kuat untuk maju pada Pilkada tahun depan.

“Ini semua adalah proses panjang. Saya banyak berdialog dengan diri sendiri dan juga dengan Allah SWT melalui salat istiqarah. Begitu juga dengan diskusi keluarga juga penting untuk membulatkan tekad,” paparnya.

Setelah melalui itu, Lukita yakin bahwa ia akan menang dalam persaingan sehat secara demokratis ini.

Lukita Dinasyah Tuwo (dua kiri) menyerahkan formulir pendaftaran balon Wali Kota Batam yang diterima Sekretaris DPC PDIP Ernawati di kantor DPC PDIP Kota Batam, Senin (16/9/2019). Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

“Saya tekadkan bahwa saya yakin menang. Bahwa jika kehendak tuhan katakan tidak, tapi saya sudah berusaha semaksimal mungkin,” katanya optimis.

Lalu apa yang ditawarkan Lukita kepada masyarakat Batam. Pertama, pengalamannya menjabat Kepala BP Batam selama setahun tiga bulan.

“Di BP dulu, saya lebih membumi karena hadapi persoalan masyarakat,” jelasnya.

Kedua, Lukita yang dulu pernah lama berkecimpung sebagai Sekretaris Menko Perekonomian juga memahami bahwa Batam kaya dengan potensi ekonomi yang belum dimanfaatkan.

“Ada 11 titik parkir di Batuampar bisa dimanfaatkan jadi lokasi parkir kapal. Begitu juga Bandara Hang Nadim yang sangat potensial jadi pusat logistik. Ditambah lagi potensi pariwisatanya,” paparnya.

Ketiga, niat untuk menjamin kepastian investasi di Batam lewat penjaminan perizinan dan urusan lahan.

“Urusan rumah, lahan dan UWTO akan jadi perhatian saya dalam menyelesaikan isu-isu yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat,” jelasnya.

“Apalagi Batam punya dua mesin. Jadi sangat penting untuk membawa dua institusi baik itu Pemko maupun BP agar kompak bersama,” tegasnya lagi.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Kota Batam, Ernawati, menegaskan keseriusan Lukita maju menjadi calon Wali Kota Batam 2020-2024 mendatang tak diragukan lagi.

Hal itu dibuktikannya dengan mengambil formulir Minggu mengisi dan mendaftar secara resmi Senin kemarin.

Erna mengakui secara lisan sudah banyak parpol lain yang mengajak berkoalisi dengan PDIP untuk Pilwako 2020-2024 mendatang.

Parpol yang dimaksud seperti misalnya yang paling intens yakni adalah Golkar, Gerindra, Demokrat, Perindo, PSI dan Hanura.

“Kami menyambut baik niatan parpol lain yang mengajak berkoalisi dengan kami PDIP. Kami tetap menunggu itu,” ujarnya mengakhiri.

DPC PDIP Kota Batam sendiri resmi membuka pendaftaran bakal cawako/cawawako Batam untuk pilwako Batam tahun 2020 mendatang pada hari Kamis (12/9) kemarin.

Nantinya tim penjaringan akan melakukan verifikasi bakal calon yang mendaftar dan menyerahkan kembali berkas pencalonan kandidat ke DPD PDIP Kepri untuk diteruskan ke DPP.

Selanjutnya DPP PDIP nantinya akan mengumumkan bakal calon yang akan diusung PDIP Batam dalam Pilwako Batam tahun depan.

Untuk seleskinya tak dilakukan di DPC PDIP, melalinkan langsung oleh DPP. Tim penjaringan DPC PDIP Kota Batam diminta minimal mengajukan dua pasang bakal cawako dan dua pasang bakal cawawako Batam.

Pendaftaran terakhir dilakukan pada 20 September mendatang mulai pukul 08.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB tiap harinya.(leo/gas)