batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi bersama dua ribu pegawai Pemko Batam gotong royong membersihkan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Tanjunguncang, Senin (16/9/2019) pagi.

Gotong royong ini dalam rangka menjemput kegiatan perdana masjid yakni Tablig Akbar Kemilau Muharram 1441 Hijriah pada Jumat (20/9) mendatang.

“Tanggal 20 September kan peresmian penggunaan, kami datang bersihkan.
Ramai-ramai bekerja, sekalian pegawai ikut menikmati kemegahan masjid ini,” kata dia.

“Kita sama-sama bangkitkan semangat dan merasa memiliki masjid kebanggaan kita ini,” ujarnya lagi.

Wali Kota Batam, mengatakan, dua ribu pegawai Pemko Batam yang ikut gotong royong tidak termasuk pegawai bagian pelayanan. Sehingga tak menganggu aktivitas pelayanan publik.

Ia mengungkapkan, kegiatan ini tidak berhenti sekali ini saja. Ke depan, pihaknya akan melakukan kegiatan serupa.

Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, beserta pegawai Pemko Batam membersihkan lantai Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah saat gotong royong membersihkan masjid tersebut, Senin (16/9/2019). Foto: Humas Pemko Batam untuk Batam Pos

Hal ini dilakukan selain meningkatkan rasa memiliki masjid tersebut, juga diharapkan dapat meminimalisir pengeluaran operasional masjid.

“Apakah hari ini selesai? tentu tidak. Akan berkelanjutan, petugas tidak cukup. Masjid ini besar,” katanya.

Wali Kota menyatakan, akan menyusun jadwal rutin gotong royong di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah.

“Kami akan sama-sama atur (jadwal gotong royong), saya, pak wakil, pak sekda dan ketua masjid Pak Yumasnur,” jelasnya.

“Mungkin setiap minggu kita gerakkan. Giliran. Misal Satpol PP, Pemadam Kebakaran, Dinas Perhubungan, yang volume kegiatannya kurang kami minta ke sini,” imbuhnya lagi.

Ia menilai, dalam operasionalnya masjid tersebut masih membutuhkan sokongan dana. Selain dari subsidi anggaran daerah, perlu ada kegiatan yang dapat membantu anggaran operasional.

“Kami ke depan dorong masjid ada pemasukannya sendiri juga. Akan dijadikan Badan Layanan Umum Daerah atau BLUD,” terangnya.

Ribuan PNS Kota Batam gotong royong membersihkan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Untuk kegiatan tablig akbar nanti, rencananya akan dimulai sejak pagi hari, sekitar pukul 08.00 WIB.

Dua ustaz kondang dalam dan luar negeri akan mengisi kegiatan ini. Keduanya yakni Ustaz Abdul Somad (UAS), dan ustaz ternama dari negeri jiran Malaysia, Datok Mohammad Kazim Elias.

Rudi berharap warga bisa datang lebih awal agar kemacetan tidak parah. Nantinya, Satpol PP, Dinas Perhubungan serta polisi juga diterjunkan.

“Semua kebutuhan konsumsi kami siapkan makan maupun minum, kami harap tak bawa air berwarna atau zat berwarna yang dapat merusak masjid kita,” pungkasnya.(iza,eja,leo)