Jumat, 19 April 2024

KPU Segera Mulai Tahapan Pilwako Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam akan memulai tahapan pendaftaran calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batam yang akan digelar September 2020 mendatang.

“Desember sudah mulai dengan syarat dan batasan dukungan terhadap calon perseorangan yang diusung partai politik,” kata Kepala Komisi Pemilihan Umum (KPU) Batam Syahrul Huda, Rabu (18/9/2019).

Ia menjelaskan, pengumuman pendaftaran calon akan dimulai pertengahan tahun depan. Sebelum masuk ke tahap tersebut ada beberapa syarat yang harus dipenuhi calon yang akan maju di Pilwako 2020 mendatang.

”Masih panjang prosesnya, sekarang kami juga masih menunggu anggaran untuk memulai kegiatan jelang Pilkada ini,” jelasnya.

Petugas TPS 89 di Perumahan Bukit Palm Batam Kota dengan mengenakan pakaian Melayu memandu warga memasukkan surat suara yang telah dicoblos saat pelaksanaan Pemilu 2019, Rabu (17/4/2019) lalu.  Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Syahrul menambahkan, tahun ini tidak banyak anggaran yang diusulkan untuk persiapan Pilkada. Karena batas waktu yang sudah memasuki akhir tahun.

”Nanti di APBD 2020 baru diakomodir semua. Kemarin kami usulkan Rp 27 miliar untuk kebutuhan Pilwako ini,” ujarnya.

Syahrul menyebutkan, tahap awal ini KPU akan mulai menggelar sosialisasi terkait Pilwako Batam dan berkoordinasi dengan pihak terkait demi kelancaran pemilihan yang rencananya dimulai akhir tahun depan.

”Persiapan kan setahun sebelum Pilkada dimulai. Paling ramai itu di tahun depan, karena banyak yang harus disinkronkan agar pemilihan berjalan dengan lancar,” ujarnya.(yui)

Update