Kamis, 25 April 2024

Ruang Operasi RSUD Terbakar

Berita Terkait

batampos.co.id – Ruang operasi yang berada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Natuna di Jalan Ali Murtopo, Ranai mengalami terbakat, Jumat (21/9/2019) sekitar pukul 16.05 WIB.

Beruntung api bisa cepat dipadamkan dan tidak menjalar ke ruangan lain. Akibat kebakaran tersebut, sejumlah pasien rawat inap dievakuasi ke halaman rumah sakit.

Satu mobil pemadam kebakaran Lanal Ranai diterjunkan untuk memadamkan api.
Menurut sejumlah pegawai rumah sakit, api bersumber dari panel listrik di ruang operasi.

Api langsung menyambar air conditioner, dan menyebabkan api terus membesar dan menimbulkan kepulan asap.

Direktur RSUD Natuna, dr Medi, mengatakan, api berasal dari hubungan arus pendek listrik di ruang operasi. Sehingga muncul kepulan asap yang mengagetkan pegawai rumah sakit.

Petugas RSUD Natuna berusaha mengevakuasi pasien rumah sakit tersebut ke ruangan terbuka saat ruangan operasi terbakar, Jumat (20/9/2019). Foto: Aulia Rahman/Batam Pos

”Petugas langsung berusaha memadamkan listrik setelah mengetahui ada korsleting. Dan dilakukan pemadaman pencegahan dengan racun api supaya tidak membesar dan merembet lebih luas,” ujarnya.

Pihak rumah sakit sambungnya, juga melakukan pemadaman mesin oksigen sentral untuk mencegah terjadinya ledakan.

Beruntung saat kejadian tidak terdapat kegiatan operasi.

”Alhamdulilah, saat korsleting tidak ada pasien yang dioperasi,” sebutnya.

Selain upaya memadamkan api sambungnya, rumah sakit sudah melakukan prosedur untuk melakukan evakuasi dini pasien yang berada ruang ICU dan peralatan medis untuk mendapatkan sambungan listrik dari luar RSUD.

Kapolres Natuna, AKBP Nugroho Dwi Karyanto, menyarankan pihak RSUD segera berkoordinasi dengan pemerintah daerah untuk melakukan normalisasi pasca kebakaran. Agar pena-nganan pasien dapat terus dilakukan.

”Sampai saat ini, kami dari pihak kepolisian terus memantau di TKP, untuk memastikan keadaan normal seperti sedia kala,” katanya.(Aulia)

Update