Selasa, 19 Maret 2024

Aduh, Tanah Berceceran di Batuaji

Berita Terkait

batampos.co.id – Tanah liat dan debu berceceran dari truk pengangkut tanah dengan bak terbuka di Jalan R Suprapto, Batuaji, Sabtu (21/9).

Debu dari truk tersebut sangat mengganggu pengguna jalan raya lainnya. Kemarin, sejak pagi beberapa armada pengangkut tanah sudah lalu lalang keluar masuk lahan di belakang Perumahan Genta III Batuaji.

Cuaca panas dan tiupan angin membuat tanah yang jatuh dari armada kerap mengganggu pendendara roda dua yang ada di belakangnya.

“Itu sudah lama beroperasi. Heran kenapa ya tidak ada penutupnya,” kata Firrman.

“Pengguna jalan lain yang dibelakang truk itu sangat terganggu. Kalau debunya masuk mata maka akan sangat berbahaya,” ujar warga Tembesi itu lagi.

Menurutnya, bukan hanya berbahaya saat panas terik, tetapi juga saat hujan turun karena jalanan semakin licin.

“Bukan hanya saat panas berbahaya. Tetapi saat hujan pun, jalanan akan menjadi licin karena tanahnya banyak berceceran di jalan raya,” katanya.

Truk pengangkut tanah tanpa penutup melintas di Jalan R Suprapto, Batuaji, beberapa waktu lalu. Pengguna jalan raya terganggu karena banyak tanah yang berceceran di jalan raya. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Ia mengatakan, jika pemerintah memang tidak mau menindak maka warga pun berhak untuk menindak.

Karena yang sangat dirugikan adalah warga pengguna jalan raya. Bahkan di dekat Simpang Barelang banyak pohon yang daunnya berubah warna karena debu dari truk pe-ngangkut tanah tersebut.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubungan Kota Batam, Edward Purba, mengaku bahwa pihaknya sudah sering melakukan penindakan terhadap truk tanah yang tidak memilik penutup.

Sesuai ketentuan, truk pengangkut tanah yang lewat di jalanan Batam tidak boleh dengan bak terbuka.

“Kita memang sudah berapa kali mengingatkan agar setiap pengguna jalan itu, termasuk truk pengangkut tanah ini menghormati pengguna jalan lainnya,” jelasnya.

“Jangan membahayakan pengguna jalan lainnya,” katanya lagi.

Edward mengatakan, bagi truk yang tidak mau menutup baknya untuk tidak berope-rasi.

“Bayangkan tanah itu berceceran di jalan, tertiup angin dan terkena mata pengguna jalan lain,” jelasnya.

“Kita akan cek dan akan me­nin­dak. Dari awal kita memang sudah memperingatkan mereka,” paparnya lagi.(yui)

Update