Selasa, 16 April 2024

IAI Kepri Susun Kepengurusan 2019-2022

Berita Terkait

batampos.co.id – Ikatan Arsitek Indonesia (IAI) Kepulauan Riau segera menyusun kepengurusan daerah untuk masa kerja 2019-2022, melalui Musyawarah Provinsi (Musprov) Kepri ke-5 yang akan digelar di Aula Kampus Universitas Internasional Batam (UIB), Minggu (22/9/2019).

”Musprov Kepri 2019 ini diadakan sebagai wadah seluruh anggota IAI Kepri yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk memilih formatur yang akan membentuk Kepengurusan IAI Kepri untuk tiga tahun ke depan, IAI Kepri periode 2019-2022,” kata ketua panitia Musprov Kepri Evy Yusriani, kemarin.

Ia menjelaskan, sebelum musprov ini digelar, telah dilakukan proses pra musprov.

Dimulai dengan pembentukan panitia musprov dan panitia pemilihan provinsi.

”Dalam rangkaian persiapan Musprov IAI Kepri ini kami juga melakukan registrasi data pemilih secara online pada 7-10 Agustus lalu. Pengumuman DPT dilaksanakan pada 11-31 Agustus,” terang Evy.

Selanjutnya dilakukan penjaringan bakal calon ketua (e-vote 1) pada 1-7 September 2019.

Tim kemudian melakukan verifikasi bakal calon ketua pada 8-11 September 2019.

”Pemilihan bakal calon ketua, e-vote 2, kami laksanakan pada 12-16 September. Dan pada 17 September, pengumuman dan penetapan calon ketua,” sebutnya.

Calon ketua, lanjut Evy, diberi kesempatan untuk sosiali-sasi dan kampanye selama tiga hari, 18-20 September.

Sehari setelahnya, 21 September merupakan masa tenang. Dan 22 September pelaksanaan Musprov V IAI Kepri.

Persiapan panitia jelang Musprov IAI Kepri ke-5 yang akan digelar di Aula Kampus Universitas Internasional Batam (UIB), Minggu (22/9/2019). Foto: IAI Kepri untuk Batam Pos

Adapun rangkaian kegiatan yang akan diadakan pada saat Musprov ke-5 antara lain, pameran produk arsitektur, penataran kode etik bagi arsitek yang akan bergabung di dalam wadah IAI Kepri, serta pelantikan anggota IAI Kepri yang baru.

Musprov IAI Kepri ke-5 tahun 2019 ini rencananya akan dibuka langsung Plt Gubernur Kepri Isdianto didampingi Ketua IAI Nasional Ahmad Djuhara, Ketua IAI Kepri periode 2016-2019 Hendro Murtiono, dan Ketua LPJK Kepulauan Riau.

“Rektor Universitas Internasional Batam Prof.Handoko Karjantoro, Dekan Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan DR.Ir.Mulia Pamadi, beserta Kaprodi Arsitektur dan mahasiswa Prodi Arsitektur UIB juga diharapkan bisa hadir memenuhi undangan IAI Kepri nantinya,” ungkapnya.

Sementara itu, ketua panitia pemilihan formatur IAI Kepri 2019-2022, Azril Apriansyah menjelaskan jumlah anggota terdaftar saat ini ada 200-an arsitek.

”Mereka bekerja sebagai arsitek, akademisi, pegawai pemerintah provinsi dan kabupaten/kota di Kepri, kontraktor, developer, swasta, dan wiraswasta,” papar Azril.

Menurutnya, tantangan terbesar yang akan dihadapi kepengurusan IAI Kepri periode 2019-2022 nanti adalah melanjutkan program yang sudah dirintis kepengurusan sebelumnya, konsolidasi internal pengurus dan anggota, serta kerja nyata mendukung dan membantu program pemerintah daerah terkait bidang arsitektur.

”Juga memberikan kontribusi nyata kepada IAI Nasional terkait telah ditetapkannya Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2017 tentang Arsitek,” ucapnya.(nji)

Update