batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam membuka seleksi bagi pencari kerja untuk mendapatkan pelatihan di Balai Latih Kerja (BLK) Kota Padang.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti, mengatakan, pelatihan akan digelar selama kurang lebih dua bulan di BLK Kota Padang. Dari kuota pelatihan 120 yang mendaftar sebanyak 150 orang.

“Tadi mereka sudah tes wawancara dan tertulis dari perwakilan BLK Padang langsung. Hasilnya akan diumumkan dalam waktu dekat ini,” kata dia, Rabu (25/9/2019).

Rudi menyebutkan, beberapa jenis pelatihan yang diberikan diantaranya, asisten arsitektur bangunan, jahit, house keeping dan lainnya.

Jika berhasil menjalani tes dan dinyatakan lolos, pencaker akan mulai ikut pelatihan bulan depan.

“Ini merupakan upaya juga dalam memberikan keterampilan kepada pencaker yang jumlahnya cukup banyak di Batam,” sebutnya.

Tidak saja, BLK Kota Padang, kerjasama pembekalan ini juga diselenggarakan dengan Pemerintah Bandung, Bekasi dan daerah industri lainnya.

Ratusan pencaker berebut memasukkan lamaran di MPH Batamindo, Mukakuning beberapa waktu lalu. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Menurut Rudi masing-masing daerah memiliki BLK dengan jenis pelatihan yang beragam. Untuk itu, pencaker bisa mendapatkan ilmu sesuai dengan minat mereka.

“Nanti semua akomodasi ke sana ditanggung pihak BLK. Mulai dari tiket, asrama dan lainnya selama menjalani proses pelatihan,” ujarnya.

Program pelatihan ini merupakan upaya dari Kementerian Tenaga Kerja bersama seluruh BLK yang ada di Indonesia.

Nanti ke depan kalau BLK Batam sudah selesai dibangun, kegiatan serupa juga akan dibuka.

“Jadi saling tukar pelatihan. Sekarang kita dulu yang kirim. Lain kali kita yang undang mereka untuk pelatihan kemaritiman,” bebernya.

Rudi berharap upaya dalam menekan angka pengangguran ini bisa membantu pencaker menemukan pekerjaan atau menjadi wirausaha.

Hingga kini ia mengakui belum banyak lapangan kerja yang tersedia.

“Persaingan terus meningkat. Makanya kemarin sudah ada magang ke Jepang kita buka. Ya, kami berharap ini bisa membantu pencaker menemukan kesempatan bekerja,” ujarnya.(yui)