Kamis, 18 April 2024

Ponsel Black Market Masih Diperjualbelikan di Kota Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Sejumlah pedagang ponsel di beberapa pusat elektronik di Batam masih memperjualbelikan ponsel black market (BM).

Hal itu dikarenakan ponsel BM masih banyak diminati masyarakat, terutama untuk jenis terbaru seperti iPhone 11.

Pantauan Batam Pos, pedagang ponsel terlihat berebut menawarkan ponsel kepada setiap pengunjung yang melintas. Mereka meminta pengunjung melihat-lihat ponsel yang mereka jajakan.

”Cari apa kak, lihat dulu. Di sini murah,” ujar Boy, salah satu karyawan ponsel di daerah Nagoya.

Menurut dia, saat ini ponsel jenis Iphone masih jadi incaran masyarakat. Disusul ponsel jenis Samsung.

Menurut Boy, di konter tempatnya bekerja menyediakan ponsel baru dan bekas.

Pemerintah akan memblokir ponsel pasar gelap (black market/BM) yang beredar di masyarakat. Namun hingga saat ini ponsel BM masih diperjualbelikan di salah satu pusat penjualan ponsel di Kota Batam. Foto: Yusuf Hidayat/batampos.co.id

”Untuk bekas ini eks Singapura, rata-rata Iphone 7 ke atas. Kalau (iPhone) 6 sudah jarang karena peminatnya tak banyak,” ujarnya.

Dikatakannya, untuk ponsel resmi harganya lebih mahal Rp 1 hingga Rp 5 juta, tergantung jenis ponsel. Namun, ponsel resmi memiliki garansi nasional karena sudah terdaftar di Indonesia.

”Kalau yang BM itu masih garansi internasional dan garansi toko selama satu minggu,” jelas Boy.

Masih kata Boy, yang lagi booming saat ini adalah Iphone 11 dengan tiga spesifikasi. Yakni iPhone 11, iPhone 11 Pro, dan iPhone 11 Pro Max.

Namun, di Batam iPhone tipe ini belum resmi dirilis.

”Adanya cuma garansi internasional, yang garansi nasional belum ada. Harga tergantung jenis, berkisar Rp 17-23 juta,” imbuhnya.

Disinggung imbauan pemerintah agar tidak menjual ponsel BM, Boy mengaku tak tahu pasti. Namun, ia tahu jika status ponsel BM adalah ilegal.

”Setahu saya belum ada surat kami terima, ya jualnya hati-hati juga,” ungkap Boy.

Sementara karyawan toko ponsel lainnya mengaku mulai jarang menjual ponsel BM. Sebab susah didapat dan peminatnya mulai berkurang.

”Gak ada yang BM, kami jual yang resmi saja. Yang BM susah dicari,” ujarnya singkat. (she)

Update