Kamis, 25 April 2024

Kendalikan Tekanan Darah dengan Minum Air Daun Zaitun

Berita Terkait

Air dengan rebusan daun zaitun (Getty Image)

batampos.co.id – Dilansir dari Express, Sabtu (28/9), ekstrak daun zaitun baik diminum untuk pasien hipertensi. Tekanan darah tinggi adalah kondisi umum yang dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius jika tidak ditangani. Minum air ekstrak daun zaitun bisa mengendalikan tekanan darah.

Tekanan darah tinggi disebut silent killer karena seseorang jarang merasakan gejalanya. Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah selalu cek tekanan darah setiap hari. Tekanan darah tinggi dapat dicegah atau dikurangi dengan pola makan sehat. Para ahli merekomendasikan untuk mengurangi jumlah garam dalam makanan dan makan banyak buah dan sayuran. Dan beberapa makanan atau minuman juga bisa membantu menurunkan tekanan darah. Satu minuman yang telah terbukti secara signifikan menurunkan tekanan darah adalah air ekstrak daun zaitun.

Dalam sebuah studi 2011, para peneliti mengacak orang-orang dengan keadaan hipertensi (tekanan darah tinggi) untuk minum 500 miligram ekstrak daun zaitun atau 12,5 hingga 25 miligram captopril (obat untuk tekanan darah tinggi) dua kali sehari. Setelah periode delapan minggu, tekanan darah lebih rendah untuk kedua kelompok.

Tim tersebut menyimpulkan bahwa ekstrak daun zaitun sama efektifnya dalam menurunkan tekanan darah seperti obat captopril. Studi lain tahun 2017 melihat orang dengan hipertensi stadium 1 minum ekstrak daun zaitun yang mengandung 136mg oleuropein atau catopril setiap hari. Setelah enam minggu, peserta memiliki tekanan darah jauh lebih rendah daripada mereka yang menggunakan catopril.

Air rebusan daun zaitun mengurangi tekanan darah sistolik (angka yang lebih tinggi pada pembacaan tekanan darah) dengan rata-rata 11,5 mmHg, dan tekanan darah diastolik (angka yang lebih rendah) sebesar 4,8 mmHg hanya dalam delapan minggu. Ekstrak daun zaitun juga tersedia dalam bentuk kapsul, tablet dan kantong teh.

Rasa minuman daun zaitun bisa memiliki rasa pahit sedikit. Maka tambahkan sepotong lemon segar agar membuat rasanya lebih lembut. Cobalah. (*)

Update