Kamis, 28 Maret 2024

Batam Open Marching Band Championship 2019

Berita Terkait

batampos.co.id – Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Batam bekerja sama dengan Persatuan Drum Band Indonesia (PDBI) Batam menggelar kejuaraan bertajuk Batam Open Marching Band Championship 2019. Kejuaraan ini akan dilaksanakan di Dataran Engku Putri, 10-13 Oktober mendatang.

Kepala Dispora Batam Hendriana Gustini menuturkan maksud kejuaraan ini digelar untuk menyalurkan minat dan bakat generasi muda. Terutama dalam bidang olahraga dan seni secara lebih terarah. Selain itu agar lebih terprogram dan berkesinambungan memberikan ruang kreativitas bagi gene-rasi muda khususnya pelajar.

”Ini agar generasi muda terhindar dari kegiatan negatif seperti kenakalan remaja dan penyalahgunaan narkoba,” beber Hendriana, Minggu (29/9).

Ia juga menjelaskan tujuan digelarnya kejuaraan ini untuk meningkatkan rasa percaya diri dan keberanian bersaing dalam satu kompetisi. ”Tentunya menjunjung tinggi sportivitas dalam pencapaian prestasi. Juga untuk meningkatkan kualitas sesuai standar mutu nasional,” tegasnya.

ilustrasi

Tak hanya itu, kejuaraan ini juga menjadi sarana untuk mensosialisasikan marching band di Batam. ”Memasyarakatkan marching band agar dapat diterima oleh masyarakat luas sebagai sebuah kegiatan yang konstruktif, edukatif, dan rekreatif,” tambahnya.

Kejuaraan ini diperuntukkan bagi umum dan sekolah se-Kota Batam dan Kepri. Dibagi menjadi tiga kategori besar, yakni Divisi Junior Band (SD sederajat), Divisi Senior Band (SMP dan SMA sederajat), dan divisi umum.

Divisi junior band terbagi menjadi lima nomor, yaitu lomba unjuk gelar (display non brass), junior individual mayoret (paramanandi), junior individual field commander (gitapati), colorguard contest, dan drum battle. Sedangkan divisi senior band juga terbagi menjadi lima nomor seba-gaimana divisi junior band.

Untuk divisi umum hanya mempertandingkan satu nomor saja, yakni lomba unjuk gelar (display non brass). ”Kejuaraan ini memperebutkan total hadiah Rp 41,5 juta yang terbagi 11 nomor bagi pemenang pertama hingga ketiga,” ungkapnya.

Sebanyak 20 tim telah memastikan sebagai peserta. Ini tertuang saat technical meeting, Sabtu (28/9) lalu.

”Kejuaraan marching band ini dipastikan menarik dan kompe­titif. Apalagi pesertanya tak hanya dari Batam saja. Tetapi juga ada dari Bintan, Tanjungpinang, dan Lingga,” tutupnya. (yan)

Update