Rabu, 24 April 2024

Dua KEK di Batam Disetujui Pemerintah

Berita Terkait

batampos.co.id – Dua kawasan ekonomi khusus (KEK) di Batam sudah disetujui oleh Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian, yakni

  1. KEK Bandara Hang Nadim
  2. KEk Nongsa Digital Park.

Setelah disetujui, maka peraturan pemerintah (PP) terkait dua KEK tersebut akan disahkan.

“Dari hasil rapat 1 Oktober kemarin sudah diputuskan menyetujui dua KEK, yakni KEK maintenance repair and overhaul (MRO) dan KEK Nongsa Digital Park. Menko selaku Ketua Dewan Kawasan (DK), Darmin Nasution juga sudah menyampaikannya kepada Dewan Nasional KEK agar segera diproses dan diajukan PP-nya,” kata Sekretaris Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Susiwijono Mugiarso, Rabu (2/10) di Gedung BP Batam.

Menurut Susi, kedua KEK tersebut sudah benar-benar siap baik secara administrasi dan teknis. Sedangkan usulan KEK satu lagi di Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Batam masih dalam tahapan finalisasi.

Sejumlah mekanik sedang melakukan pengecekan pesawat Lion Air di Hanggar Lion Bandara Hang Nadim Batam, Selasa (4/7). F Cecep Mulyana/Batam Pos

Realisasi KEK ini kabarnya akan rampung dalam satu bulan karena juga merupakan target yang diberikan DK kepada Walikota Batam, Rudi yang juga menjabat sebagai Kepala BP Batam.

“Deputi II BP Batam sekarang, Pak Enoh juga merupakan sekretaris di Dewan Nasional KEK, makanya proses KEK di Batam akan jauh lebih cepat dari KEK yang lain,” katanya lagi.

Insentif dasar di kedua KEK akan mengikuti PP mengenai KEK. Contohnya adalah insentif tax holiday, bebas bea masuk dan lain-lain. Tapi sekarang, dua PP mengenai KEK yakni PP No. 96/2015 tentang Fasilitas dan kemudahan KEK dan PP No. 100/2012 tentang Penyelenggaraan KEK akan direvisi pemerintah.

“Rancangan peraturan pemerintah (PP) mengenai insentif KEK dan kemudahan berusaha di KEK sedang diajukan ke Presiden. Begitu disetujui, maka KEK nanti memiliki fasilitas yang ultimate. Makanya nanti yang sudah ada di FTZ, kalau butuh fasilitas lebih bisa pindah ke KEK,” pungkasnya. (leo)

Update