ilustrasi

batampos.co.id – Kamis (3/10/2019) terjadi pemadaman secara tiba-tiba itu.

“Akibat pemadaman kami terkendala dalam menjalankan aktivitas,” kata wawan salah seorang warga, Jumat (5/10) pagi.

Sementara itu penjelasan dari Supervisor Tehnik PLN unit layanan pelanggan Dabo Singkep, Mazli menyatakan, ada sejumlah gangguan terhadap jaringan listrik. Salah satunya terjadi pada sore hari yakni akibat kalong yang lengket di salah satu kabel listrik dan mengakibatkan gangguan hingga ke mesin pengangkit di PLTD Setajam.

“Setelah kami cek ada kalong yang tersengat listrik dan lengket di salah satu kabel,” kata Mazli ketika ditemui di kantor PLN Dabo Singkep.

Namun Mazli tidak dapat mengetahui sebab atau gangguan yang mengakibatkan pemadaman listrik pada malam harinya. Karena mereka saat mengecek hingga ke Tanjungpaku dan Pasir Putih tidak menemukan gangguan yang berarti dan mengakibatkan pemadaman. Sehingga pihak PLN tidak mengetahui penyebab pemadaman di malam harinya.

Supervisor Tehnik PLN unit layanan pelanggan Dabo Singkep, Mazli

Selain itu, Mazli juga menjawab PLN telah memiliki alat untuk menolak gangguan atau alat yang dapat memblok gangguan sehingga tidak berdampak kepada mesin pembangkit yang ada di PLTD di Setajam. Namun Mazli mengaku alat tersebut tidak dapat menahan jika ada gangguan yang cukup besar.

“Jika mesin pembangkit di PLTD sudah padam tentunya harus melalui proses untuk menghidupakannya kembali,” ujar Mazli.

Padahal, dari penurunan Mazli di awal, pemadaman pada sere hanya bersumber dari gangguan kalong yang tentunya bukan tergolong gangguan besar. (wsa)