Jumat, 29 Maret 2024

Astaga, Balok Baja Penopang Jembatan Simpang Jam Dicuri

Berita Terkait

batampos.co.id — Setelah sebelumnya penutup parit yang terbuat dari pelat besi dicuri, maka sekarang giliran balok baja berbentuk huruf H atau H Beam Pengaku, yang menopang sisi bawah Jembatan Simpang Jam, Baloi digondol maling.

”Barang yang dicuri adalah H Beam Pengaku dari balok baja yang menopang beban jembatan,” kata Direktur Pembangunan Sarana dan Prasarana Badan Pengusahaan (BP) Batam Purnomo Andiantono, Jumat (4/10/2019).

Menurut informasi, kata Andiantono, pencurian ini terjadi beberapa hari yang lalu dan sekarang pencurinya sudah diamankan Polisi Sektor (Polsek) Batam Kota.

H Beam Pengaku, kata Andi, merupakan struktur yang penting untuk jembatan. Fungsinya menambah kekakuan struktur balok baja yang menopang jembatan.

Adapun, pengaku yang dicuri baru satu unit dan beratnya 150 kilogram.

Pengendara melintas di Jalan Gajah Mada tepatnya di atas jembatan Simpang Jam, Baloi ke arah Sekupang, Jumat (4/10). Salah satu balok baja penopang kestabilan jembatan itu dicuri. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

”Pengaku yang bentuknya membujur secara horizontal ini mencegah tekukan akibat lendutan (lekukan ke bawah), sedangkan pengaku yang vertikal itu mencegah tekukan geser,” ucap Andi.

Pengaku sangat penting untuk menjaga kestabilan struktur jembatan.

”Untuk itu, besi H yang dicopot itu perlu segera dikembalikan ke tempat semula,” tegasnya.

Jika tak dikembalikan, akan sangat membahayakan kestabilan jembatan.

Untuk antisipasi ke depannya, BP Batam akan menjalin kerja sama dengan kepolisian sebagai bentuk pengawasan agar kejadian serupa tidak terulang lagi.

”Untung baru satu yang dicuri, kalau banyak bisa bahaya nanti. Makanya nanti juga Direktorat Pengamanan (Ditpam) dan personel Dit Sarpras akan patroli rutin,” jelasnya.

“Untuk masyarakat, jika melihat kegiatan yang mencurigakan, segera laporkan kepada pihak yang berwenang,” harapnya.(leo)

Update