batampos.co.id – Terminal Pelni di Pelabuhan Batuampar akan segera dipindahkan kembali ke Pelabuhan Sekupang. Badan Pengusahaan (BP) Batam menargetkan selesai sebelum Natal dan Tahun Baru.

“Terminal Pelni akan pindah dari Batuampar ke Sekupang. Akhir tahun ini akan selesai,” kata Wakil Kepala BP Batam Purwiyanto, Sabtu (5/10/2019).

Pur, sapaan akrabnya, mengaku bahwa BP Batam telah berkomunikasi dengan Pelni.

“Komunikasi kami bagus dengan Pelni. Maka kami realistis akhir tahun ini sudah selesai,” ungkapnya.

Untuk perbaikan gudang di Pelabuhan Sekupang sendiri, anggarannya tengah diproses.

“Ini akan diselesaikan karena masyarakat membutuhkannya sesegera mungkin,” paparnya.

Selain hari besar, faktor lainnya karena Pelabuhan Batuampar akan memasuki masa revitalisasi, dimana perbaikan akan menyentuh dermaga Pelni yang ada di dermaga utara pelabuhan bongkar muat tersebut.

Calon penumpang Kapal Pelni, KM Kelud tujuan Batam-Belawan menaiki kapal di Pelabuhan Batuampar, beberapa waktu lalu. PT Pelni menerapkan penjualan tiket secara online. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

“Pelabuhan Batuampar akan diperbaiki, jadi dermaga Pelni harus balik ke Sekupang dulu,” kata Kepala Badan Pelabuhan Laut Badan Pengusahaan (BP) Batam Nasrul Amri Latif, belum lama ini.

Kata dia, langkah pertama yang akan dilakukan BP Batam sebelum pemindahan dermaga Pelni adalah memperlebar alur putar untuk Kapal Kelud.

Pelebaran alur putar ini untuk memudahkan kapal-kapal Pelni seperti Sinabung dan Kelud untuk melakukan manuver.

“Terus kedua, memperbaiki gudang yang dipersiapkan sebagai terminal nanti. Itu akan dilakukan oleh Persero,” jelasnya.

Pihaknya berharap mulai bulan depan, sudah ada progres perbaikan gudang oleh Persero. Pasalnya proses perbaikan ini berlomba dengan waktu. (leo)