batampos.co.id – Dalam waktu dekat ini DPD Nasdem Kota Batam akan membuka pendaftaran bakal calon wali kota – wakil walikota Batam maupun bakal calon gubernur-wakil gubernur Kepri.

Hal tersebut ditegaskan oleh Wakil Sekretaris DPW Nasdem Provinsi Kepri, Muhammad Kamaluddin.

Kata dia, khusus untuk penjaringan Pilkada, baik pilwako Batam maupun pilgub tahun depan, DPD Nasdem sendiri mengutamakan penjaringan bagi calon kepala daerah tanpa mahar.

Dengan syarat, setiap bakal calon wajib menyertakan hasil survei dirinya.

“Lembaga surveinya wajib yang menentukan adalah DPP Nasdem Pusat,” ujarnya, Minggu (6/10/2019).

Wakil Ketua I DPRD Kota Batam itu menjelaskan, ada delapan lembaga survei yang boleh dipilih oleh bakal calon wali kota – wakil wali kota maupun gubernur dan wakil gubernur Kepri yang mau ikut seleksi atau penjaringan bakal calon melalui partai Nasdem.

“Kalau tak melalui lembaga survei, artinya mustahil bakal calon untuk bisa maju melalui partai Nasdem,” ujarnya.

Bendera Partai NasDem. Foto: Jawa Pos

Saat ini, lanjutnya, DPW Nasdem Kepri maupun masing-masing DPD Nasdem kabupaten/kota di Kepri fokus mengevaluasi struktural partai. Karena usai pileg, banyak juga kader yang sudah tak lagi aktif.

“Evaluasi itulah nanti yang akan kami bawa dan suarakan di kongres pusat,” jelasnya.

“Kami akan melaporkan kader yang tak lagi aktif atau merevisi struktur partai agar roda kinerja partai tetap berjalan,” terangnya lagi.

Lantas siapa kader yang akan diusung DPD Nasdem Batam maju pada pilwako Batam tahun depan, Kamaluddin, menegaskan ada satu nama kader yang dinilai mampu membawa Nasdem Batam memperoleh suara terbanyak pada pileg Kota Batam meski perolehan jumlah kursi bukan yang terbanyak.

“Nama kader yang kami usung maju pada pilwako Batam hasil kesepakan DPD Nasdem Batam adalah ketua kami Amsakar Achmad,” ujarnya.

Sementara untuk pilgub tahun depan, laporan dari masing-masing DPD Nasdem di kabupaten/kota se-Kepri, Kamaluddin, menegaskan semua sepakat mengusung dan mendukung sekretaris wilayah DPW Nasdem Kepri, Muhammad Rudi yang saat ini menjabat Wali Kota Batam.

“Begitu juga dengan kesepakatan semua DPD Nasdem di kabupaten/kota se-Kepri yang menginginkan Muhammad Rudi maju pada Kepri I tahun depan juga akan kami sampaikan ke DPP pada saat kongres Partai Nasdem pusat di Jakarta pada 9 sampai 11 November nanti,” jelasnya.

“Apakah akan disetujuti atau tidak, keputusan sepenuhnya berada di DPP Nasdem pusat,” terangnya mengakhiri.(gas)