Jumat, 29 Maret 2024

Premium Langka di Kota Batam

Berita Terkait

batampos.co.id – Antrean kendaraan roda empat dan dua yang akan mengisi bahan bakar minyak (BBM) jenis premium terlihat di sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) Kota Batam, Senin (7/10/2019).

Kondisi tersebut diduga karena pasokan premium sehari sebelumnya kosong di hampir semua SPBU di Batam

Seperti terlihat di SPBU Batam Center yang bersebelahan dengan Kantor Pertamina atau depan Gedung Graha Kepri.

Terlihat antrean ratusan kendaraan hingga puluhan meter dari lokasi SPBU. Situasi tersebut juga membuat jalanan macet panjang.

Seorang petugas SPBU yang enggan namanya disebut, mengatakan pengantaran premium baru dilakukan kemarin, setelah pasokan habis sejak Sabtu (5/10/2019) lalu.

”Hari Minggu (6/10/2019) tak ada pengantaran, sedangkan sejak Sabtu (5/10) sudah kosong. Hari ini (kemarin, red) baru dikirim lagi,” ujarnya.

Dia menyebutkan, pengguna BBM jenis premium di Kota Batam sangat banyak. Karena itu, saat pasokan datang, maka warga langsung menyerbu.

”Ini karena baru datang makanya diserbu, sudah dari pagi tadi (kemarin, red) antre gini,” ungkapnya.

Kendaraan roda dua dan empat antre membeli BBM jenis premium di SPBU Regata, Batam Kota, Senin (7/10/2019). Dalam beberapa hari terakhir kembali terjadi kelangkaan premium di sejumlah SPBU di Batam. Foto: Cecep Mulyana/batampos.co.id

Sementara itu, Aidil, pengguna premium mengaku sudah antre satu jam lebih untuk bisa dapatkan premium.

Menurutnya, ketersediaan premium saat ini di Batam cukup langka. Makanya, saat pasokan tersedia, ia langsung mengisi penuh untuk kendaraan roda empatnya.

”Susah dapat premium. Banyak yang kosong, makanya kalau ketemu lang-sung isi full. Ini aja antre udah 1 jam lebih,” ungkapnya.

Dikatakannya, antre panjang di SPBU tersebut membuat macet panjang. Sebab jalanan di depan SPBU cukup kecil.

”Lumayan bedanya dengan pertalite. Makanya saya rela antre,” jelasnya.

“Tadi saja saya dari arah Simpang Kallista menuju arah Simpang Bank Indonesia. Pas lihat ada premium, saya mutar arah lagi,” tuturnya.

Antrean juga terlihat di SPBU Bandara, Batam Kota, SPBU Bengkong, dan SPBU Pelita.

Kondisi serupa juga terjadi di sejumlah SPBU di wilayah Sagulung dan Batuaji. Antrean kendaraan tampak mengular, seperti di SPBU Codo, Sagulung.

”Hari ini (kemarin, red) mulai kosong. Mungkin nanti (kemarin) siang datangnya. Tapi kalau solar belum tahu jam berapa datangnya,” kata pengawas SPBU Codo, Sagulung, kemarin.

Sedangkan Unit Manager Communication & CSR MOR I, Roby Hervindo, yang dikonfirmasi terkait kelangkaan premium belum memberikan jawaban. Sebab hingga berita ini ditulis, Roby mengaku sedang rapat.(she/cr1)

Update