Jumat, 29 Maret 2024

Niatnya Cari Kerja, Tapi Lihat Motor Langsung Diembat

Berita Terkait

batampos.co.id – Jajaran Polsek Lubukbaja mengamankan pencuri sepeda motor yang beraksi di kawasan pertokoan Bisnis Center, Nagoya.

Adalah S alias A, 36, pelaku yang terpaksa dilumpuhkan dengan timah panas saat hendak diamankan di Jodoh, Minggu (6/10/2019) lalu.

Kapolsek Lubukbaja, Kompol Yunita Stevani, mengatakan, Anto awalnya keluar dari rumahnya menuju ke Pasar Tos 3000 untuk mencari pekerjaan.

Namun, saat dalam perjalanan, ia melihat satu unit sepeda motor Yamaha Vixion yang diparkir di lorong pertokoan Bisnis Center, Nagoya.

”Kemudian, timbul niat pelaku untuk mencuri dengan membobol kunci kontak motor menggunakan gunting yang dibawanya,” ujar Yunita.

Usai berhasil membobol kunci kontak sepeda motor tersebut, selanjutnya sepeda motor berwarna abu-abu itu ia bawa ke kosannya di belakang BCA Jodoh.

ilustrasi

Sepeda motor tersebut rencananya akan dijual untuk memenuhi kebutuhannya sehari-hari.

”Karena tidak punya pekerjaan, pelaku akan menggunakannya untuk keperluan sehari-hari dan mengubahnya menjadi warna hitam yang sebelumnya berwarna abu-abu,” tuturnya.

Dari hasil pemeriksaan terhadap Anto, ia mengaku baru satu kali mencuri sepeda motor. Namun, Polsek Lubukbaja akan tetap mendalami keterangan dari Anto dengan berkoordinasi dengan polsek jajaran Polresta Barelang.

”Pelaku kita kenakan dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman pidana maksimal selama 7 tahun,” imbuhnya.

Sementara itu, Anto mengaku awalnya tidak ada niat untuk mencuri saat keluar dari tempat kosnya.

Niat itu baru muncul setelah Anto melihat sepeda motor yang tidak terkunci stang.

”Pada saat itu mengantongi gunting di dalam saku celana. Itu gunting rambut yang rencananya mau dikembalikan sama teman di Jodoh,” akunya.(gie)

Update