Rabu, 24 April 2024

Natuna Rawan Kecelakaan Laut dan Udara

Berita Terkait

Kepala BNPP Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito saat melakukan peninjauan di kantor SAR Natuna, Rabu (9/10).

batampos.co.id – Kepala BNPP Marsekal Madya TNI Bagus Puruhito melakukan kunjungan kerja di Natuna, dan meninjau kondisi kantor SAR Natuna, Rabu (8/10).

Puruhito mengatakan, keberadaan kantor SAR di Natuna sangat penting. Ini dikarenakan posisinya berada di wilayah perbatasan garda terdepan NKRI. Selain itu, juga membawahi dua kabupaten yakni Natuna dan Kepulauan Anambas. Dengan kondisi ini, potensi tingkat kecelakaan penerbangan dan pelayaran cukup tinggi.

“Kondisi wilayah Natuna ini hanya dapat dilalui melalui transportasi laut dan udara. Tentu potensi kecelakaan itu sangat tinggi, apalagi Natuna adalah jalur penerbangan internasional, SAR Natuna harus siap,” katanya.

Dikatakannya, SAR Natuna harus meningkatkan kapasitas dan kapabilitas diri mela-lui latihan dan pelatihan, serta melakukan pemeliharaan dan kuasai peralatan yang dimiliki.

“Peralatan itu lebih baik rusak karena digunakan untuk latihan dari pada rusak karena hanya didiamkan. Pemerintah terus memberikan perhatian kepada kantor SAR Natuna,” ujarnya. (arn)

Update