batampos.co.id – Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau, meresmikan Pusat Jajanan dan oleh-oleh, Kampung Resepi, Sabtu (12/10) di lantai I Mega Mall, Batamcenter.

Sesuai dengan namanya, tempat ini menjual cemilan khas kampung.

“Saya apresiasi, Ini dapat menambah daya tarik wistawan dan meningkatkan UKM-UKM yang menjual produk lokal,” kata Gustian Riau.

Ia mengatakan, panganan olahan kampung yang dijual di Kampung Resepi, bisa menjadi oleh-oleh wajib turis asal Singapura dan Malaysia.

Cemilan di Kampung Resepi, kata Gustian sangat enak.

“Saya cicipi, paling suka itu kue lapis rasa pandan,” tuturnya.

Ia berharap outlet-outlet Kampung Resepi ini bertambah. Sehingga memudahkan turis membeli jajanan khas kampung.

“Kalau bisa ada di bandara,” ucapnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam, Gustian Riau, melihat outlet Kampung Resepi di Mega Mall. Foto: Fiska Juanda/batampos.co.id

Sementara itu pemilik toko Kampung Resepi Mega Mall, Valentino, mengaku bahwa konsep diusung tokonya adalah perusahaan produksi rumahan.

“Dan kami pastikan ini adalah jajanan yang hand made,” ungkapnya.

Kampung Resepi telah dirintisinya sejak 4 tahun yang silam. Awalnya cuman hadir dari festival makanan, kini hadir dalam bentuk toko yang menjual segala bentuk jajanan khas kampung.

Ada beberapa andalan Kampung Resepi. Seperti kue semprong dengan berbagai varian rasa (original, coklat, pisang dan durian), pandan kaya cake, durian kaya cake, nastar, kue lapis, aneka pia, kacang telur, emping, sumpia, dan berbagai jajanan lainnya.

Ke depan, Kampung Resepi akan buka di beberapa tempat di Batam. Salah satunya di Grand Mall Batam.

“Tanggal 16 ini, kami bukanya di sana (Grand Mall Batam),” pungkasnya.(ska)