batampos.co.id – Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti mengatakan, Pemerintah Kabupaten Natuna perlu terus melakukan perjuangan untuk mencapai kesuksesan dan meningkatkan sektor pariwisata.

Natuna yang sudah menerima status geopark nasional, masih banyak pekerjaan yang harus dibenahi. Karena terdapat beberapa rekomendasi penilaian geopark sendiri.

”(Membangun) Geopark Natuna masih perlu kerja keras, supaya keberhasilan dapat dicapai optimal,” katanya, Jumat (11/10/2019).

Dikatakan Ngesti, perlu penetapan sub nama masing-masing klaster geologis, penguatan kelembagaan, peningkatan program edukasi dan riset, serta pengembangan jalur geowisata sesuai sebaran klaster geologis.

Pesona geowisata Alif Stone Park yang berada di pesisir pantai Desa Sepempang menjadi andalan Kabupaten Natuna dalam menarik kunjungan wisatawan. Foto: Naim untuk batam pos

Terpenting adalah menyusun rencana induk pengem­bangan yang menjadi arah kebijakan yang strategis dan penguatan jejaring dan kemitraan dengan geopark nasional dan global.

”Rekomendasi dari tim percepatan pengembangan geopark Kementerian Pariwisata perlu direalisasikan. Tentu itu perlu kerja keras,” ujarnya.

Ngesti menambahkan, tahun ini geopark Natuna mendapat bantuan CSR dari SKK Migas dalam bentuk beberapa kegiatan.

Di antaranya pembuatan rambu penunjuk arah menuju geosite, papan selamat datang di 4 lokasi geosite, cetak brosur geopark serta bantuan CSR Bank Riau sekitar Rp 1,5 miliar.

”Saya berharap semua pihak mendukung untuk meningkatkan sektor pariwisata di Natuna, mari bersama wujudkan ini,” harapnya. (***)