batampos.co.id – Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Batam akan mengurangi jenis dan peserta pelatihan bagi pencari kerja (Pencaker) dan Pekerja tahun 2020 mendatang.

Kepala Disnaker Batam, Rudi Sakyakirti, mengatakan karena adanya peraturan baru terkait pembayaran dana IMTA, sehingga berpengaruh terhadap pendapatan tahun berjalan.

“Karena per November 2018 lalu pembayaran diperbaharui sehingga berimbas kepada penerimaan daerah,” kata Rudi, Sabtu(12/10/2019).

Rudi menyebutkan pendapatan tahun depan anggaran yang akan digunakan untuk pelatihan turun menjadi Rp 10 miliar.

Angka ini jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan beberapa tahun sebelumnya.

“Itu untuk pelatihan kedua jenis peserta yaitu pencaker dan peningkatan seertifikasi pekerja,” ujarnya.

Pekerja galangan kapal di Tanjunguncang, Batuaji. Pada 2020, Disnaker Kota Batam akan mengurangi pelatihan tenaga kerja dikarenakan berkuranganya pendapatan IMTA. Foto: Dalil Harahap/batampso.co.id

Untuk itu, pihaknya akan memanfaatkan anggaran yang tersedia untuk menggelar pelatihan seoptimal mungkin.

Karena keterbatasan anggaran, ada dua opsi yang akan dilakukan. Pertama mengurangi jumlah peserta dan kedua mengurangi jenis pelatihan bagi peserta.

“Semuanya bisa berdampak. Yang terpenting pelatihan tetap ada meskipun ada efisiensi,” imbuh mantan Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Batam ini.

Rudi menambahkan jenis pelatihan tahun depan akan disesuaikan dengan kebutuhan industri yang ada di Batam. Menurutnya jenis pelatihan lebih memprioritaskan kebutuhan sektor industri.

“Tujuannya agar mereka langsung bisa mendapatkan pekerjaan pastinya. Jadipengajuan pelatihan berdasarkan prioritas kebutuhan saja karena anggarannya terbatas,” tambahnya.

Sebelumnya tahun lalu Disnaker menggelar sebanyak 32 jenis pelatihan dengan total peserta mencapai ribuan.

Sebanyak 902 diantaranya merupakan pencari kerja yang. Mereka diberikan pelatihan dasar seperti, Scafollding,Rigger, AutoCad Muda, AutoCad Madya, Dasar K3 Muda, Pipe Fitter, Welder Dasar, Teknik pendingin, Operator Mobile Crane, Keselamatan Kerja K3 Madya, Pelatihan HRD, Bahasa Inggris, Bahasa Inggris Pariwisata Sales Promotion Girls (SPG) dan jenis lainnya.(yui)