batampos.co.id – Razia Badan Pengelolaan Pajak dan Pendapatan Daerah (BP2RD) yang dilaksanakan oleh UPT Samsat Batuaji bersama Satlantas Polresta Barelang berhasil amankan puluhan kendaraan roda dua dan roda empat.

Di antara kendaraan yang berhasil diamankan tersebut terdapat hal yang cukup menarik, yakni adanya pengemudi mobil sewaan yang tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) dan juga tidak membawa Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang ia rental.

Mengetahui hal ini, Kasubnit I Turjawali Satlantas Polresta Barelang, Sofrinal, menuturkan hal ini harus menjadi perhatian khusus para pemilik rental mobil di kota Batam.

Ia mengimbau agar asal jangan merentalkan kendaraan, sementara perental tidak memiliki SIM. Hal ini justru menyalahi aturan utama dalam berkendaraan.

“Kita imbau kembali khususnya kepada pemilik mobil rental, karena pas kita lakukan kegiatan razia di Top-100 Tembesi, ada salah satu pengedara yang menggunakan mobil

Petugas BP2RD dan UPT Samsat Batuaji bersama Satlantas Polresta Barelang mengamankan puluhan kendaraan roda dua dan roda empat saat mengelar razia di depan Top 100 Tembesi. Foto: Azis Maulana/batampos.co.id

rental namun dia tidak memiliki SIM,” ujarnya, Senin (14/10/2019) di lokasi Razia, Top-100 Tembesi.

 

“Saat kita hentikan dan tanyakan STNK mobil rental itu juga tidak bisa ia kasih, dan yang mengendarai kendaraan tidak ada SIM, jadi terpaksa kita tahan terlebih dahulu kendaraanya,” tambahnya lagi.

Karena itu kata Sofrinal, ia mengimbau dengan tegas kepada pemilik rental agar bisa menyerahkan STNK kepada penewa kendaraanya.

Selain itu pihaknya meinta agar pemilik mobil rental teliti sebelum memberikan kendaraannya.

“Jangan merentalkan kendaraan jika perental tidak memiliki SIM,” jelasnya.

“Nanti kita cari juga pemilik rentalnya dan mendatanginya dan memberi imbauan langsung,” paparnya.

Sementara itu pengemudi mobil rental, saat diwawancara mengakui memang tidak membawa SIM dan STNK.

Ia katakan bahwa niatnya hanya ingin pergi ke water boom Top 100, Tembesi untuk berenang dan tidak menyangka akan berakhir seperti ini.

“Iya gak ada SIM. Tadi ke sini niatnya mau berenang bareng teman-teman,” ujar perempuan yang merental mobil tersebut singkat, dan tidak ingin menyebutkan namanya.(cr1)