batampos.co.id – Sebanyak 51 kapal layar atau yachters dari berbagai negara berpartisipasi dalam penggelaran Batam Bahari Festival (BBF) yang dilaksanakan Jumat (1/11/2019) hingga Senin (4/11/2019) mendatang.

Kegiatan Kepariwisataan ini bertemakan “Wonderful Sail To Abang Island 2019″ karena dipusatkan di Pulau Abang, Kota Batam.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam, Ardi Winata, mengatakan, Batam mencetak sejarah baru karena menjadi tempat berkumpulnya kapal layar bonafit dari berbagai negara.

Diantaranya Australia, USA, Canada, Inggris, New Zealand, Swedia, Norwegia, Spanyol, Perancis, Belanda, Jerman, Belgia, dan Italia.

“Untuk kali pertama, satu-satunya kawasan konservasi laut Batam ini bakal jadi titik labuh yacht rally kelas dunia,” ujar Ardi kepada Batam Pos, Senin (14/10/2019).

Sejumlah yacht tiba di Tarempa dalam acara Rally sail to Anambas 2017 lalu. Tahun ini 51 yachter akan berkumpul di Pulau Abang, Kota batam pada November mendatang. Dokumentasi batampos.co.id

Menurut dia, kegiatan BBF merupakan angin segar bagi Batam. Karena dalam kegiatan itu, Batam tak hanya kedatangan yachters, namun juga media serta agen travel asing dari berbagai negara.

Ia yakin, event ini akan mengdongkrak Kota Batam di mata dunia.

“Ini kelas dunia, pastinya bukan acara main-main,’ ujarnya.

“Kalau sudah pernah digelar di sini (Batam, red), kedepannya bisa kembali digelar,” paparnya lagi.

Hal ini kata dia, akan mendongkrak Batam sebagai salah satu tujuan wisata bahari di tingkat dunia.

“Apalagi ada media dunia yang meliput,” harapan Ardi.

Ia berharap, kegiatan BBF bisa meningkatkan kunjungan wisman ke Batam yang memiliki target 2,4 juta wisman tahun 2019.

Ia yakin, semakin banyak kegiatan berbau Internasional, akan mempercepat target itu tercapai.

“Semakin banyak event di Batam, akan semakin baik, apa lagi event yang bertema bahari,” katanya.

“Karena secara geografi, Batam memang bahari. Cara tercepat untuk mendatangkan wisman adalah atraksi yang dikemas dengan event epertii ini,” jelas Ardi lagi.(she)