batampos.co.id – Sekitar dua hektare lahan kosong di Dusun Kebun Nyiur, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Minggu (13/10/2019) terbakar.

Walau tidak ada korban jiwa dan harta pada kejadian kali ini, namun sempat membuat warga khawatir karena kejadian tersebut dekat dengan permukiman.

“Kebakarannya cukup besar. Api melahap sejumlah semak dan pohon kayu yang ada di sekitar lahan kosong itu,” kata salah seorang warga sekitar.

Sementara itu, di lokasi kejadian, Danton Damkar Dabo Singkep, Kabupaten Lingga, Dirgahayu Sentosa, mengatakan lahan yang terbakar adalah lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar dan pohon-pohon liar.

Api terlihat membakar lahan kosong di Dusun Kebun Nyiur, Desa Batu Berdaun, Kecamatan Singkep, Minggu (13/10/2019). Foto: Wijaya Satria/batampos.co.idLingga

Sedangkan, luas lahan yang terbakar kurang lebih mencapai 2 hektare. Pos Damkar Dabo Singkep menerima laporan dari warga Dabo Lama tentang kebakaran lahan di kawasan mereka sekitar pukul pukul 11.00 WIB.

Setelah direspons, petugas Damkar langsung menuju lokasi, namun api yang melahap semak belukar tersebut sudah merambat jauh, dan api sudah membesar.

Kapolsek Dabo Singkep, Iptu Ahmad Wahyudi, yang berada di lokasi kejadian langsung mengambil langkah-langkah cepat.

Selain mencari sumber api, mantan Kanit Reskrim Polsek Lubak Baja, Batam Kota ini, juga terlihat ikut memadamkan api yang semakin membesar.

“Saat ini kita masih terus lakukan upaya pemadaman, dengan meminta keterangan sejumlah saksi apakah kebakaran biasa, apakah ada unsur kesengajaan,” katanya.

Wahyudi mengucapkan terima kasih kepada masyarakat yang peduli akan lingkungan sekitarnya sehingga kebakaran lahan tersebut dapat segera diatasi.(wsa)