batampos.co.id – Kepala Dinas Pendidikan Pemkab Natuna, Suherman, mengatakan pemerintah kembali menambah sekolah baru setingkat SD.

Hal ini mengingat jumlah siswa baru di tingkat sekolah dasar di Kecamatan Bunguran Timur terus bertambah setiap tahun.

“Tahun 2019 ini ada satu dibangun SD baru di Kelurahan Ranai. Sekolah ini untuk menampung siswa baru jika ada kekurangan ruang belajar,” kata Suherman Selasa (15/10/2019).

Sementara yang dibangun tahun ini, terletak di Kampung Padang Tengah. Letaknya dapat membantu siswa baru di kawasan tersebut, sebagai sekolah pembantu di SDN 001 Ranai.

Apalagi SDN 001 Ranai sudah melebihi kapasitas ruang belajar.

Inilah lokasi pembangunan gedung baru SD 013 Natuna. Foto: Aulia Rahman/batampos.co.id

“Saat ini sudah sebagian siswanya belajar sore, karena kekurangan ruang kelas. Dengan dibangun SD 13 ini, diharapkan dapat menampung penambahan siswa pada tahun ajaran baru,” ujarnya.

Sebelumnya, pemkab sudah membangun SD 012 di Ranai. Sekolah tersebut juga membantu kelebihan siswa baru di SDN 002 Ranai.

Namun, nyatanya tetap kekurangan ruang kelas, sehingga sebagian siswa masih belajar sore.

“Tahun lalu kami sudah menambah sekolah baru, tapi tetap saja kekurangan ruang kelas. Jadi, tahun ini ditambah lagi SDN 013 lagi,” ujanrya.

“Tapi baru tiga ruang belajar, satu majelis guru dan fasiltas lainnya. Tahun depan mudah-mudahan sudah mulai difungsikan,” harapnya.

Dikatakan Suherman, tahun ini pemerintah juga merehab 10 bangunan sekolah yang sudah mulai rusak dan menambah ruang belajar.

Di antaranya di Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Pulau laut, Serasan, Subi dan Midai.(arn)