batampos.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepulauan Riau, Isdianto, didampingi Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Provinsi Kepri, Brigjend Pol Richard Nainggolan, serta jajaran kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) berkunjung ke SMKN 1 Desa Air Asuh, Kecamatan Siantan Tengah, Kabupaten Kepulauan Anambas, Selasa (15/10/2019).

Rombongan di Air Asuh disambut Camat Siantan Tengah, Wan Riswandi, serta tokoh masyarakat setempat di dermaga.

Dari dermaga rombongan langsung menuju ke SMKN 1 yang berjarak sekitar 1 kilometer.

Kepala sekolah SMKN 1, Tugiono, yang sedang mengikuti tugas belajar diwakilkan oleh Pelaksana harian (Plh), Kristina, menyambut rombongan gubernur bersama jajaran majelis guru serta 274 siswa yaang sedang aktif belajar di sekolah tersebut.

Isdianto memberikan motivasi atau semangat kepada para pelajar. Dia berpesan, agar anak-anak tidak patah sema-ngat untuk terus belajar, belajar, dan belajar.

”Jangan surut semangat anak-anak dalam belajar. Tanpa pendidikan anak-anak tidak akan menjadi apa-apa.,” katanya.

“Tugas anak-anak saat ini hanya belajar, belajar dan belajar. Tidak yang lainnya,” ujarnya lagi.

Salah seorang siswa SMKN 1 Siantan mendapatkan pertanyaan dari Plt Gubernur Kepri Isdianto saat melakukan kunjungan ke sekolah tersebut, Selasa (15/10/2019). Foto: Humas Pemprov Kepri untuk Batam Pos

Menurutnya, tidak semua orangtua mampu. Namun, semangat orangtua dalam menyekolahkan anak-anaknya patut dihargai dan jangan disia-siakan.

”Hargai dan hormati orangtua. Jangan sia-siakan pengorbanan orangtua,” jelasnya.

“Belajar yang betul dan jauhi narkoba. Jangan sekali-sekali terjerumus,” ujarnya lagi.

Disampaikan oleh majelis guru bahwa kendala yang dialami siswa di SMKN 1 adalah masalah transportasi.

Mengingat banyak pelajar yang dari pulau-pulau sebelah. Sehingga terkadang ada siswa yang datang telat karena tidak ada pompong, atau rusak pompongnya.

Sementara itu, Kepala BNN Kepri, Brigjend Pol. Richard Nainggolan, dalam kesempatan itu juga memberikan semangat kepada para pelajar di SMKN 1 Anambas.

Dia menyarankan anak-anak agar fokus dalam belajar dan tidak terperangkap dalam dunia narkoba.

Richard Nainggolan menekankan akan bahaya narkoba serta jenis-jenis narkoba serta efeknya jika dikonsumsi.

”Narkoba atau kepanjangan dari narkotika, psikotropika dan bahan adiktif lainnya itu menyebabkan ketergantungan,” paparnya.

“Jika anak-anak memakai narkoba, pasti tidak akan bisa belajar dengan baik,” kata Richard lagi.

Adapun efek yang ditimbulkan dari narkoba adalah depresi, halusinasi, stimulasi dan adiktif yang tak jarang berujung pada tindakan kriminal.(gustia)