Kamis, 25 April 2024

DPRD Minta ATB Dipertahankan Dengan Syarat….

Berita Terkait

batampos.co.id – Anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Tumbur Hutasoit berharap PT ATB diberikan kepercayaan lagi untuk mengelola air bersih.

Melihat kinerja ATB selama ini, kata dia, sudah berjalan bagus, patut dipertahankan.

“Kenapa kami meminta ATB dipertahankan lagi untuk mengelola air bersih di Batam? Pertimbangan kami karena ATB sudah memiliki infrastruktur atau aset yang memadai terkait pengelolaan air bersih di Batam,” ujarnya, Rabu (16/10) siang.

Menurutnya, jika menunjuk perusahaan baru dibutuhkan anggaran yang besar untuk membangun kembali infrastruktur pengolahan dan pendistribusian air bersih.

Namun, Tumbur memberikan catatan yang harus dibenahi ATB. Seperti misalnya masih banyak pemukiman di Batam yang berdiri di dataran tinggi, aliran air bersihnya terkendala atau tak mengalir.

“Riak-riak itulah yang harus dibenahi oleh ATB sebelum konsesi berakhir,” jelasnya.

Warga mengunjungi kantor Instalasi Pengolahan Air (IPA) Mukakuning yang dikelola ATB, belum lama ini. Foto: Dalil Harahap/batampos.co.id

Selain itu kata dia, banyak wilayah resapan air dekat bendungan atau dam air baku PT ATB yang dirusak oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Selain hutannya yang dibabat, lahannya juga diperjualbelikan ke masyarakat. Kata dia, pemerintah harus tegas menindak para oknum yang membabat hutan atau merusak wilayah resapan air.

“ATB juga harus aktif dan berani melaporkan kalau ada oknum yang merusak daerah resapan air dekat dam air baku ATB,” tegasnya.

Tumbur juga meminta beberapa dam dilakukan pendalaman agar daya tampung air baku meningkat.

Hal itu kata dia, untuk mengantisipasi kemarau panjang di Batam, sehingga meski musim kemarau, sumber air baku itu tetap bertahan.

“ATB harus mampu menunjukkan peningkatan kinerjanya ke masyarakat, tak hanya di akhir masa konsesi, tapi terus menerus melakukan peningkatan dan perbaikan layanan ke masyarakat,” ujarnya mengakhiri.(gas)

Update