batampos.co.id – Pelaksana tugas Gubernur Kepri, Isdianto, membuka kegiatan bakti sosial di Kecamatan Tarempa, Kabupaten Kepulauan Anambas, berupa operasi katarak gratis dan pemberian 1.000 kacamata untuk masyarakat Anambas.

Bakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka hari jadi Provinsi Kepri ke-17. Kegiatan diselenggarakan Pemprov Kepri dan Pemkab Anambas, bekerja sama dengan RS Pusat Mata Nasional Cicendo Bandung, Badan Amil Zakat (BAZ) Anambas, Universitas Batam, dan pengurus NU Kep-ri. Kegiatan dilakukan Selasa (15/10/2019) di RSUD Anambas.

Isdianto mengatakan bahwa kesehatan adalah modal uta-ma dalam kehidupan. Dengan tubuh yang sehat, pekerjaan akan bisa dilakukan dengan baik.

Terlebih lagi menyangkut kesehatan mata. Dimana, mata merupakan jendela cakrawala dunia.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Kepri, Isdianto, saat melihat warga yang menjalani operasi katarak gratis, Selasa (15/10/2019). Foto: Dokumentasi Pemprov Kepri untuk batam postam, 

“Ini bentuk komitmen Pemerintah Provinsi Kepri terhadap seluruh masyarakat,” ujar Isdianto.

“Kita selalu berharap bapak dan ibu sekalian sehat dan sejahtera. Sebab itu pemerintah mengedepankan kegiatan yang bisa menyentuh langsung masyarakat,” katanya lagi.

Program bakti sosial untuk Kepri bebas katarak, lanjut Isdianto, melibatkan 16 tenaga medis khusus mata.

“Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi masyarakat.”

Kesehatan mata penting, berdasarkan data nasional 70 persen penduduk di Indonesia buta karena disebabkan katarak.

Sementara itu, Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Wan Zuhendra, mengatakan, penyakit katarak di Anambas banyak diderita masyarakat nelayan.

Penyebabnya karena terik matahari serta pantulan air asin yang langsung mengarah mata.(gustia)