batampos.co.id – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Nasdem Provinsi Kepri akan membuka pendaftaran bakal calon Walikota Batam maupun bakal calon Gubernur Kepri pada Pilkada 2020.

Pendaftaran dibuka pada Senin (21/10/2019) hingga Rabu (6/11/2019) mendatang. Atau selama 17 hari.

“Berdasarkan peraturan organisasi, DPW Partai Nasdem Kepri maupun DPD, wajib membuka pendaftaran atau penjaringan cagub maupun cawako Batam,” kata Ketua Penjaringan Pilkada Batam dan Kepri DPW Nasdem Kepri, Wan El Kenz, Jumat (18/10/2019).

Menurutnya, ada beberapa daerah yang tidak membuka penjaringan. Alasannya daerah tersebut memiliki kader Nasdem yang berpotensi.

Kata dia, daerah yang sebenarnya tidak lagi membuka penjaringan di pilkada di Kepri ada dua. Yakni di Batam dan Lingga.

Namun saat rakerwil DPW dan DPD Nasdem, merekomendasikan agar Batam dan Lingga tetap membuka penjaringan.

“Kenapa pendaftaran kami tutup tanggal 6 November nanti? Karena pada 7 November sudah mulai kongres DPP,” jelasnya.

Para pengurus DPW Partai Nasdem Provinsi Kepri saat melakukan konfrensi pers terkait pembukaan pendaftaran bakal calon Walikota Batam maupun bakal calon Gubernur Kepri pada Pilkada 2020. Foto: Galih/batampos.co.id

“Seluruh berkas pendaftar yang masuk akan kami bawa ke DPP Nasdem di pusat. Kami mengedepankan politik tanpa mahar,” katanya lagi.

Nasdem sendiri memberikan syarat khusus bagi pendaftar yang ingin mendaftar di Pilkada Batam maupun Kepri.

Syarat khusus yang diminta seperti tingkat kesukaan atau elektabilitas, aksetabilitas, tingkat keterimaan serta memiliki mobilisasi logistik untuk pendaftar.

“Kami ada tujuh orang tim penjaringan DPW Partai Nasdem Kepri. Tim inilah nantinya yang memiliki tugas menerima pendaftaran dan pleno tingkat DPD
maupun DPW sebelum berkas pendaftar dikirim ke DPP,” terangnya.

Para pendaftar nantinya akan dilakukan fit and propertest di DPP Nasdem.

“Pendaftaran dilakukan di kantor DPW Partai Nasdem Kepri,” ujarnya.

Penjaringan kata dia, berlaku untuk semua orang yang ingin mendaftar melalui Partai Nasdem. Meskipun bukan kader Partai Nasdem, tetap boleh mendaftar.

“Kami menggunakan asas terbuka untuk siapapun boleh mendaftar sebagai kandidat di pilwako Batam maupun pilgub Kepri,” katanya.

DPW Nasdem Kepri sendiri, akan menjaring minimal lima kandidat yang akan dikirimkan ke DPP.

Baik itu untuk pilgub maupun pilwako Batam. Pendaftaran atau penjaringan partai Nasdem untuk pilwako maupun pilgub Kepri sendiri, pendaftar tak dikenakan biaya sama sekali.(gas)