batampos.co.id – Masyarakat di Pulau Singkep, khususnya di Kelurahan Dabo, Jumat (18/10) heran karena secara tiba-tiba wilayah mereka tertutup kabut asap yang cukup tebal. Padahal, pagi hari wilayah ini masih dalam kondisi normal atau tidak ada terlihat kabut asap yang menyelimuti hingga pukul 11.00 WIB, secara spontan kabut asap terlihat sangat tebal.

“Kabut asap ini, kok tiba-tiba ada ya. Ini sudah termasuk mengganggu jarak pandang karena ketebalan kabut asap saat ini,” kata Wahyu, warga Dabo, saat dimintai keterangan.
Sementara itu, Kepala BMKG Dabo Singkep, Sahatm mengatakan, kabut asap ini berasal dari Tenggara Selatan sesuai dengan arah angin yang berhembus saat ini. Sedangkan untuk prediksi sumber titik api, Sahat memperkirakan kalau lokasi titik api berada di Sumatera.

Dengan kata lain, kabut asap yang tebal dan muncul tiba-tiba ini adalah kabut asap kiriman dari daerah lain dan dipastikan bukan berasal dari Kawasan Bunda Tanah Melayu. Dengan ketebalan asap ini, Sahat juga memprediksikan kalau saat ini asal juga berada di Daik Lingga.

f. Wijaya Satria/Batam Pos
Suasana jalan diselimuti kabut asap di Dabo Singkep, Jumat (18/10).

Namun, BMKG tidak dapat memastikan kapan berakhir kondisi kabut asap yang tebal ini menyelimuti Kabupaten Lingga. Pasalnya, asap tidak sama dengan kondisi cuaca yang memang dapat di prediksi oleh BMKG. Sedangkan asap juga tidak tidak tergantung dengan faktor alam seperti hujan dan sebagainya.

Dengan kejadian kabut asap yang tebal menyelimuti Kabupaten Lingga ini, Kasat Binmas Polres Lingga Supama mengambil tindakan cepat membantu masyarakat dengan membagikan masker di simpang empat Masjid Azulfa, pusat Kota Dabo Singkep kepada seluruh pengendara yang melintas di sana.

“Semoga dapat membantu masyarkat mengatasi atau mencegah sakit ispa akibat kabut asap ini,” kata Supama.

Selain memberikan 1.000 masker kepada seluruh pengendara yang melintas, Supama juga menyatankan kepada seluruh pengendara agar lebih berhati-hati saat berkendaraan dalam kondisi kabut asap yang sangat tebal seperti saat ini. (wsa)